Kompas.com - 09/03/2021, 10:36 WIB
Zul Zivilia usai menjalani sidang putusannya pada Rabu (18/12/2019) di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. KOMPAS.com/IRA GITAZul Zivilia usai menjalani sidang putusannya pada Rabu (18/12/2019) di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Terhitung sudah dua tahun penyanyi Zul Zivilia mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba, Jakarta Pusat lantaran tersandung kasus narkoba.

Istrinya, Retno Paradinah menceritakan kabar Zul Zivilia, mulai dari enggan bermusik lagi, kegiatan di penjara hingga kerinduan anak-anak kepada sosok vokalis Zivilia itu.

Kompas.com merangkumnya sebagai berikut.

1. Tidak mau bermusik lagi

Retno menyebut kalau Zul sudah tidak ingin bermusik lagi. Yang terakhir Zul membuatkan lagu permintaan dari Kalapas belum lama ini.

Total, sudah dua lagu yang dibuat Zul selama di penjara.

“Dia (Zul Zivilia) sekarang enggak ini lagi sama musik, enggak mau bermusik lagi sih. Paling kayak Kalapas minta dibikinin lagu, nah dia buatin tuh Lapas kemarin,” ucap Retno dihubungi wartawan, Minggu (7/3/2021).

Baca juga: Kepada Anak-anaknya, Retno Sebut Zul Zivilia sedang di Pesantren, Bukan di Penjara

“(Lagunya) Untuk Lapas Salemba sudah satu, Lapas Cipinang juga satu,” tambah Retno.

2. Ungkap kegiatan Zul di dalam penjara

Retno Paradinah juga mengungkap kegiatan Zul selama di penjara.

Retno berujar, Zul lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Bahkan Zul juga menjadi pendakwah.

“Sekarang dia (Zul) dakwah-dakwah, ngajar, ngaji juga. Jadi di sana tuh mereka yang dekat-dekat dia manggil kak Zul itu guru, saya juga baru tahu,” kata Retno.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X