Kompas.com - 05/03/2021, 20:30 WIB
Bayu Skak berpose dalam sesi pemotretan ketika melakukan media visit film Yowis Ben 2 di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019). Film Yowis Ben 2 dirilis di bioskop pada 14 Maret 2019. KOMPAS.COM/GARRY LOTULUNGBayu Skak berpose dalam sesi pemotretan ketika melakukan media visit film Yowis Ben 2 di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019). Film Yowis Ben 2 dirilis di bioskop pada 14 Maret 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor sekaligus sutradara Bayu Skak sukses besar ketika mengusung dialog Bahasa Jawa sebagai bahasa utama di dua sekuel film Yowis Ben.

Pria asal Malang tersebut akan kembali menyuguhkan dialog Bahasa Jawa di film terbarunya, Lara Ati.

Bayu Skak sebenarnya mendapat pelajaran berharga dari film Yowis Ben di mana Bahasa Jawa yang digunakan ternyata diterima masyarakat Jawa Timur, tetapi kurang mengena di Jawa Tengah.

Ada beberapa Bahasa Jawa yang memiliki arti berbeda ketika diucapkan di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Baca juga: Tatjana Saphira Langsung Diajari Umpatan oleh Bayu Skak untuk Film Lara Ati

Oleh karenanya, Bayu Skak ingin film Lara Ati bisa memuaskan masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Jadi kami akan menyajikan sbeuah karya dengan Bahasa Jawa yang luas, bukan cuma Jawa Timur doang. Sehingga Jawa Tengah pun enggak merasa enggak memiliki," kata Bayu dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/3/2021).

Jika dalam Yowis Ben latar belakang tempat yang digunakan adalah Malang, pada film kali ini Bayu Skak akan menggunakan Surabaya.

Ia sadar bahwa budaya Jawa Timur tak akan pernah lepas dari Kota Pahlawan ini.

Baca juga: Demi Film Lara Ati, Tatjana Saphira Belajar Bahasa Jawa

Proses produksi film ini sendiri akan dimulai pada pertengahan Maret nanti.

Dalam film ini Bayu Skak juga mengajak Tatjana Saphira, Sahila Hisyam, Keisya Levronka, Dono Pradana, Ciccio Manassero, Beindictus Siregar, dan Indra Pramujtio.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X