Kompas.com - 05/03/2021, 16:08 WIB
Pendakwah Gus Miftah saat mengobrol dengan Anang Hermansyah YouTube The Hermansyah A6Pendakwah Gus Miftah saat mengobrol dengan Anang Hermansyah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendakwah Gus Miftah diminta Anang untuk menjadi wali nikah anaknya, Aurel Hermansyah, yang akan menikah dengan Atta Halilintar.

“Jadi Mas Anang mewakilkan ke saya untuk menikahkan Aurel kepada Atta. Karena kan yang berhak menjadi wali kan Mas Anang sebagai ayah kandungnya. Tapi Mas Anang boleh mewakilkan ke orang lain untuk menikahkan putrinya,” ujar Gus Miftah seperti dikutip dalam Starpro Indonesia, Jumat (5/3/2021).

“Kebetulan sampai hari ini yang dipercaya untuk menjadi wakil menikahkan si Aurel, ya saya,” lanjut Gus Miftah.

Baca juga: Desainer Ungkap Permintaan Ashanty soal Gaun Pengantin Aurel Hermansyah

Namun, dia tak menyebut alasan Anang memilihnya untuk menjadi wali nikah anaknya.

Sementara Gus Miftah mengatakan, orangtua Atta Halilintar sampai saat ini masih ada di Malaysia, sehingga kemungkinan tidak bisa hadir.

Namun, Atta masih punya banyak saudara di Indonesia.

Baca juga: 3 Fakta Rencana Pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah yang Ditunda Lagi

“Kalau orangtuanya masih di Malaysia, tapi kan keluarga besarnya masih banyak di Indonesia. Enggak bisa datang karena faktor pandemi saja. Faktor pandemi, tapi komunikasi (pernikahan) antara Atta dengan keluarga tetap ada,” ucap Gus Miftah.

Ia memberikan penjelasan, sebenarnya wali nikah hanya dibutuhkan untuk Aurel sebagai perempuan.

“Kita berharap orangtuanya (Atta) hadir, tapi kalau toh bapak ibunya enggak hadir tentunya tidak mengurangi absahnya pernikahan itu. Karena yang berhak ada walinya calon mempelai wanita,” ujarnya.

Baca juga: 3 Fakta Rencana Pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah yang Ditunda Lagi

“Sementara pria tak perlu kehadiran wali. Artinya kalau seandainya orangtuanya enggak datang, itu tak mengurangi keabsahan pernikahan itu,” lanjut Gus Miftah.

Meski demikian, ia berharap orangtua Atta bisa hadir dalam pernikahan anak sulungnya itu.

“Toh sampai hari ini kami masih berdoa, mudah- mudahan di momen yang membahagiakan itu orangtuanya Atta mudah-mudahan bisa hadir,” tutur dia.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X