Kompas.com - 04/03/2021, 19:50 WIB
Yoshi Project Pop Tangkapan layar YouTube Daniel Mananta NetworkYoshi Project Pop

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti grup musik Tanah Air lainnya, Project Pop juga sempat mengalami titik terendah dalam karier mereka.

Grup musik yang terkenal dengan lirik lagu jenaka ini pernah vakum selama empat tahun, yakni sejak 1996 hingga 2000.

Hal tersebut disebabkan penjualan album pertama mereka yang anjlok dan kurang diterima di industri musik Tanah Air.

Baca juga: Pernah Vakum Empat Tahun, Yoshi Ungkap Titik Terendah Project Pop hingga Mau Bubar

Namun saat menjadi bintang tamu Daniel Mananta, Yoshi Project Pop mengungkap cara agar grup musik tersebut bisa bangkit kembali.

"Puji Tuhannya, kenapa kami tetap kuat, karena masing-masing personelnya (waktu vakum) ya tetap do entertainment dengan media berbeda," ujar Yoshi dikutip dari kanal YouTube Daniel Mananta Network, Rabu (3/3/2021).

"Waktu itu, Tika, Ujo, sama saya, ada program acara di Hardrock FM, try to be presenter," lanjutnya.

Baca juga: Yoshi Ungkap Cerita Awal Terbentuknya Project Pop, Ada 30 Personel

Hal tersebut membuat Yoshi dan personel lain tidak kehilangan kreativitas dan semangat dalam berkarya, hingga mereka dipertemukan lagi pada 2000.

"Akhirnya tahun 2000 album 'Tuwagapat' buat Project Pop meledak. Itu second album yang membuat kami naik lagi ke atas," ucap Yoshi.

Diketahui, album pertama Project Pop bernama Lumpia vs Bapia (1996) kurang laku di pasaran.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Burkat - Chrisye feat. Project Pop

Meski begitu, pengalaman gagal tersebut membuat Yoshi dan semua personel Project Pop lainnya lebih percaya diri dan termotivasi menciptakan karya yang lebih baik.

Sejauh ini, Project Pop telah melahirkan sembilan album musik.

Project Pop hanya memiliki lima anggota saat ini karena ditinggalkan oleh Hilman sejak tahun 2000 dan Oon yang meninggal dunia pada 13 Januari 2017.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X