Kompas.com - 02/03/2021, 12:08 WIB
Petugas memeriksa tempat duduk di salah satu studio bioskop di Jakarta, Rabu (21/10/2020). Sejumlah bioskop di Ibu kota kembali beroperasi setelah mendapatkan izin dari Pemprov DKI Jakarta dengan jumlah penonton dibatasi maksimal 25 persen dari total kapasitas. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATPetugas memeriksa tempat duduk di salah satu studio bioskop di Jakarta, Rabu (21/10/2020). Sejumlah bioskop di Ibu kota kembali beroperasi setelah mendapatkan izin dari Pemprov DKI Jakarta dengan jumlah penonton dibatasi maksimal 25 persen dari total kapasitas.
|
Editor Kistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Indonesia.

Sejak itu kehidupan pun berubah. Pandemi virus corona menjadi pukulan telak bagi semua orang, tak terkecuali bagi pekerja di sektor hiburan.

Kompas.com merangkum dampak pandemi di dunia hiburan sebagai berikut.

1. Bioskop tutup

Salah satu sektor hiburan yang terdampak pandemi covid-19 yakni bioskop.

Bagaimana tidak,  bioskop merupakan salah satu tempat orang berkumpul dalam jumlah banyak. Padahal hal itu yang harus dihindari selama masa pandemi.

Alhasil, bioskop-bioskop di seluruh Indonesia berhenti beroperasi menjelang akhir Maret 2020.

Sontak dari penutupan bioskop ini beberapa film yang dijadwalkan tayang akhirnya mandek.

Namun adapula yang memilih platform streaming online untuk penayangan film tersebut.

2. Bisnis artis yang terdampak

Tidak hanya bioskop, bisnis-bisnis lain pun ikut merasakan dampak covid-19. Di antaranya bisnis-bisnis besar yang didirikan oleh para artis.

Seperti Inul Daratista yang punya bisnis karaoke juga merasakan dampak pandemi. Bahkan saat itu, Inul mengakui sudah mulai kesulitan menggaji karyawannya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X