Kompas.com - 02/03/2021, 11:15 WIB
Grup Kahitna tampil pada Danamon New Live Experience, Drive-In Concert  di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). Drive-In Concert perdana di Jakarta ini menerapkan protokol kesehatan. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOGrup Kahitna tampil pada Danamon New Live Experience, Drive-In Concert di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). Drive-In Concert perdana di Jakarta ini menerapkan protokol kesehatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa terasa, pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama satu tahun di Indonesia.

Sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu korban paling terdampak pandemi Covid-19.

Industri hiburan kelimpungan menghadapi pandemi karena pada dasarnya industri ini sangat erat kaitannya dengan keramaian.

Dengan adanya larangan membuat keramaian, maka industri hiburan pun sempat mengalami masa mati suri.

1. Live Instagram

Fitur live di Instagram menjadi salah satu medium bagi para pekerja seni untuk tetap berkarya di masa pandemi Covid-19.

Acara bincang-bincang para pekerja seni ini lumayan mengobati kerinduan beraktivitas secara normal sebelum virus corona menyerang.

Tren ini tak berlangsung lama karena para pekerja seni akhirnya menemukan medium lain untuk tetap berkarya.

2. Konser online hingga drive-in

Pengunjung menyaksikan Danamon New Live Experience, Drive-In Concert  di Jakarta di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). Kahitna tampil dalam hari pertama acara Drive-In Concert perdana di Jakarta.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan Danamon New Live Experience, Drive-In Concert di Jakarta di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/8/2020). Kahitna tampil dalam hari pertama acara Drive-In Concert perdana di Jakarta.
Selama pandemi, pemerintah melarang acara-acara yang bersifat pengumpulan massa atau mengundang kerumunan. Itu berarti konser musik jelas terlarang.

Oleh sebab itu, konser pun digelar secara virtual atau online demi mengobati kerinduan para penggemar terhadap idolanya atau sebaliknya.

Padah akhir Agustus, pemerintah akhirnya mengeluarkan protokol kesehatan untuk para pelaku industri musik yang disambut oleh Berlian Entertainment untuk menghelat Drive-In Concert pertama di Indonesia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X