Kompas.com - 01/03/2021, 08:30 WIB
Fitur Your Episode di aplikasi Spotify twitter.com/@SpotifyNewsFitur Your Episode di aplikasi Spotify

JAKARTA, KOMPAS.com- Penggemar musik Kpop baik di Korea atau internasional sudah tidak bisa lagi menemukan album dan lagu Kpop favorit mereka di Spotify sejak tanggal 1 Maret 2021.

Memang bukan semuanya, hanya musisi yang lagu-lagunya didistribusikan oleh Kakao M yang menghilang dari aplikasi streaming tersebut. Hal ini terjadi karena Kakao M telah menghapus semua lagu yang mereka distribusikan melalui Spotify di semua wilayah seluruh dunia.

Sempat membuat kehebohan, Spotify akhirnya mengonfirmasi kalau konten musik yang didistribusikan oleh Kakao M telah memasuki masa kadaluarsa lisensi mereka.

Dalam pernyataan resmi mereka, Spotify mengatakan kalau seharusnya persetujuan pembaruan lisensi itu dilakukan agar musik-musik tersebut bisa tetap didengar di Spotify.

"Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan Kakao M (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir," kata Spotify.

Kakao M mendistribusikan banyak musik dari agensi KPop terbesar, sejumlah lagu dari grup musik akhirnya benar-benar menghilang dari platform.

Berikut daftar artis yang lagu-lagunya hilang dari Spotify.

MAMAMOO, Seventeen, IU, MONSTA X, GFriend, The Boyz, LOONA, Sunmi, (G)I-DLE.

Kemudian BTOB, APink, P1Harmony, Dreamcatcher, EPIK HIGH, SISTAR, CRAVITY, Cosmiz Girls, dan masih banyak lainnya.

Kabar tersebut ramai diperbincangkan di media sosial. Banyak dari penggemar dari grup atau idol tersebut yang menyayangkan keputusan ini.

"Semua ini terjadi karena Melon dan KAKAO M takut dengan perkenalan SPOTIFY di Korea akan mengambil alih pendapatan dan monopoli pasar mereka," tulis akun @Scintil14076030.

"Kalau diskografi GFriend tidak ada di Spotify lalu apa pentingnya?" tulis akun @crossroads_mp3 disertai emoji menangis.

"Kakao M berpikir orang akan menggunakan Melon setelah mereka menghapus konten mereka dari Spotify, tapi kami justru akan ke YouTube music dan Apple music," tulis akun @milkgyuu.

"Aku sekarang melihat hampir semua lagu-lagu Seventeeen hilang dari Spotify," tulis akun @leeshookthmin disertai gambar terduduk.


Sumber Koreaboo
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X