Kompas.com - 28/02/2021, 16:58 WIB
Fiki Naki Tangkapan layar youtube Gritte AgathaFiki Naki

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Fiki Naki mulai dikenal publik sebagai YouTuber yang khas dengan beberapa bahasa yang dikuasainya.

Fiki Naki mulai dikenal ketika mengajak bicara beberapa perempuan warga negara asing dengan bahasa yang ia kuasai melalui aplikasi Ome TV.

Namun, saat menjadi bintang tamu Gritte Agatha, Fiki Naki mengaku, tidak sama sekali minta izin kepada lawan bicara untuk menayangkan percakapan mereka ke YouTube.

“Enggak. Aku enggak izin. Ada beberapa izin dan enggak. Tapi, ada beberapa yang email. ‘Tolong hapus dong’, yaudah aku hapus,” ungkap Fiki Naki dikutip dari kanal YouTube Gritte Agatha, Minggu (28/2/2021).

Baca juga: Fiki Naki Bongkar Sifat Masa Kecilnya, Ternyata...

Menurut YouTuber asal Pekanbaru ini, perihal izin sebenarnya sah-sah saja. Pasalnya, Ome TV adalah domain publik yang bisa diakses siapa saja.

“Menurutku, Ome TV kan aplikasi domain publik, kalau merekam sendiri ya harus terima sendiri risikonya. Tapi seharusnya izin. Mungkin aku juga salah sih,” ujarnya.

Fiki Naki bercerita, ada beberapa orang asing yang tahu kalau ia adalah YouTuber Indonesia, dan meminta agar video tersebut tidak diunggah ke kanal YouTube.

“Misalnya, aku ngobrol sama dia, terus dia tahu aku bakal masukan di YouTube, ada yang enggak apa-apa, ada yang minta hapus,” ujar Fiki.

Sebagai informasi, sejauh pantauan Kompas.com, subscriber kanal YouTube Fiki kini mencapai 3,55 juta.

Baca juga: 3 Fakta Fiki Naki, Bongkar Sifat Masa Kecil hingga Mimpi Terbesar


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X