Kompas.com - 28/02/2021, 16:32 WIB
Artis peran Oki Setiana Dewi saat ditemui di Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAArtis peran Oki Setiana Dewi saat ditemui di Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com- Artis Oki Setiana Dewi membuktikan seorang wanita yang telah menikah dan memiliki anak seperti dia, masih bisa meraih pendidikan hingga jenjang yang lebih tinggi.

Di wisuda tanggal 27 Februari 2021, perjalanan Oki untuk meraih gelar doktor dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bukan hal yang mudah. Apalagi saat itu dia sedang mengandung anak keempat.

"Bayi @sulaimanaliabdullah pun lahir setelah sebulan saya menyelesaikan sekolah saya.."tulis Oki dikutip Kompas.com dari akun @okisetianadewi, Minggu (28/2/2021).

"Cerita ini tak bermaksud riya.. hanya ingin memotivasi sahabat semua, bahwa menjadi seorang istri dan ibu, tak lantas membuat pendidikan terhenti," ujarnya. 

Sebenarnya ini bukan pengalaman pertama bagi Oki, menyelesaikan kuliah dalam kondisi hamil. Sebelumnya, saat menyelesaikan S2, Oki juga dalam kondisi masih mengandung anak keduanya, Khadeejah, dan tiga hari setelah menjalani sidang, Oki melahirkan.

Kejadian berulang ketika Oki mengandung anak ketiga, Ibrahim Muhammad Abdullah. Saat itu Oki yang dalam kondisi hamil tujuh bulan, terbang ke Jerman karena mendapat beasiswa shortcourse untuk mempelajari Islamic Studies di negara tersebut.

Semua itu bisa dilakukan kakak dari YouTuber Ria Ricis berkat dukungan dukungan dari keluarga dan juga tentu saja suaminya.

"Semua yang saya lakukan , termasuk pendidikan, takkan mungkin bisa berjalan dengan lancar, kalau tidak ada support system," ucapnya merujuk pada suami dan juga ibunya yang ikut menjadi penyemangat dan rela menjaga anak-anak saat dia belajar.

"Dengan adanya semangat, kesungguhan, pembagian waktu yang tepat, tak lupa support system yang ada, tentunya pertolongan dari Allah, insyaAllah engkau bisa! Semangatlah dalam belajar dan semoga semangat itu menular pada anak-anak kita kelak..," tulisnya menyemangati wanita-wanita lain. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Oki Setiana Dewi (@okisetianadewi)


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X