Kompas.com - 27/02/2021, 11:00 WIB
BTS tampil di acara MTV Unplugged, Selasa (23/2/2021). Mereka membawakan lima lagu, salah satunya adalah Fix You milik Coldplay. SoompiBTS tampil di acara MTV Unplugged, Selasa (23/2/2021). Mereka membawakan lima lagu, salah satunya adalah Fix You milik Coldplay.
Editor Kistyarini

KOMPAS. com - Sebuah radio di Jerman meminta maaf atas ucapan salah satu penyiarnya yang menyebutkan BTS seperti virus corona.

Dalam pernyataannya, Jumat (26/2/2021), radio Bayern3 mengatakan ucapan penyiar bernama Matthias Matuschik tersebut keterlaluan tetapi tidak bermaksud "menghina ataupun rasialis" terhadap BTS.

Dalam permintaan maafnya, Bayern3 mengakui Matuschik menyatakan pendapatnya dengan cara ironis dan berlebihan sehingga kata-katanya menyakiti hati penggemar BTS.

Baca juga: BTS Bawakan Fix You di MTV Unplugged, Coldplay: Indah

"Namun dia (Matuschik) sudah meyakinkan kami bahwa dia tidak bermaksud seperti itu (menghina). Dia hanya ingin menyatakan ketidaksukaannya terhadap versi cover lagu (Fix You oleh BTS) itu," kata Bayern3.

Menurut Bayern3, selama ini Matuschik aktif menggalang dana untuk pengungsi.

Dia juga terlibat kampanye gerakan anti-ektremisme kanan dan menentang xenophobia atau rasisme dalam bentuk apapun.

Baca juga: 5 Momen Terbaik Penampilan BTS di MTV Unplugged

"Meskipun demikian, hal itu tidak mengubah fakta banyak orang menganggap ucapannya menyakitkan dan rasialis," kata Bayern3.

"Kami meminta maaf atas kejadian ini. Kami akan menyelesaikan perkara ini dengan Matthias dan tim dalam beberapa hari ke depan," lanjut Bayern3.

Permintaan maaf itu datang setelah ribuan ARMY, penggemar BTS, menuduh Matuschik rasialis dalam komentarnya tentang penampilan BTS membawakan lagu "Fix You" milik Coldplay di MTV Unplugged.

Baca juga: Biasa Menolak Lagunya di Cover, Coldplay Justru Dukung BTS di MTV Unplugged

Protes penggemar itu diramaikan dengan tagar #Bayern3Racist, #Bayern3Apologize, dan #RassismusBeiBayern3 yang berarti "rasisme di Bayern3.

Halaman:

Sumber APnews
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X