Kompas.com - 26/02/2021, 09:59 WIB
Charly van Houten, vokalis Setia Band, diwawancara sebelum mengisi acara Gempita SCTV 2018 di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara, Minggu (31/12/2017). KOMPAS.com/IRA GITACharly van Houten, vokalis Setia Band, diwawancara sebelum mengisi acara Gempita SCTV 2018 di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara, Minggu (31/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com- Merasa sudah cukup bersabar ketika mendapati nama aslinya dan nama yang salah justru tertukar, penyanyi Charly Van Houten kini ingin pihak-pihak yang telah melakukan hal itu memberikan klarifikasi.

Bagi Charly, dia tidak mempermasalahkan orang mau memanggilnya apa, tapi kenapa hal ini sekarang dipermasalahkan, karena setelah lama dibiarkan, justru semakin merugikan dia dan keluarga.

"Itu berawal mungkin dari ketidaksukaan orang atau apa, nyeletuk nama Charly namanya Casmali Parli aja tuh," ujar Charly dikutip dari YouTube Starpro, Jumat (26/2/2021).

Baca juga: Charly van Houten Tak Mau Basa-basi soal Makanan

Namun celetukan itu kemudian dikutip dan diyakini kalau memang nama aslinya adalah Casmali Parli.

Padahal, dari akta lahir, ijazah sekolah dasar hingga kuliah, nama pemberian orangtuanya adalah Muhammad Charly Van Houten.

"Di balik-balik, yang asli jadi palsu, yang palsu jadi asli," katanya kemudian.

Charly menginginkan orang-orang yang sudah salah menuliskan namanya memberikan klarifikasi, karena kekeliruan itu entah disengaja atau tidak, telah membuat dia menerima komentar buruk. 

"Harus diklarifikasi supaya kekeliruan ini tidak berlanjut, tidak menjadi bahan yang negatif karena banyak menganggap nama panggungnya diganti-ganti, dikasih nama orangtua, ya memang itu yang dikasih orangtua Muhammad Charly Van Houten," tegas Charly.

"Kita dikasih nama dengan baik-baik dengan kedua orangtua, penuh harapan dan doa. Apalagi ketiksa satu data yang salah ini dikomentari sama orang-orang yang tidak jelas juga, kan akhirnya jadi bully-an, jadi hujatan, jadi tidak baik," ujarnya lagi. 

Meskipun kesal harus menerima bully karena kesalahan orang lain, tapi Charly belum berniat membawanya ke jalur hukum.

Hal yang diinginkan Charly saat ini hanya klarifikasi, bahwa benar nama yang beredar itu salah, karena nama aslinya Muhammad Charly Van Houten.

Namun jika kesempatan itu tidak dimanfaatkan dengan baik, Charly tak segan untuk membawanya ke jalur hukum.

"Itikadnya bukan untuk memenjarakan dan menghukum orang, tidak. Itikadnya adalah ingin meluruskan," tutur Charly.

"Kalau ada yang keliru tolong sama-sama tanggung jawab, tolong. Maksudnya, ayo diluruskan saja, masak enggak mau, kalau enggak mau baru (jalur hukum)," imbuhnya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X