Kompas.com - 24/02/2021, 20:42 WIB
Helmy Yahya saat ditemui di M Bloc Space, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (13/2/2020). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAHelmy Yahya saat ditemui di M Bloc Space, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (13/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Nama presenter Helmy Yahya di industri pertelevisian Tanah Air tentu terdengar tak asing.

Helmy Yahya terkenal sebagai presenter kondang yang kerap dijuluki “Raja Kuis Indonesia”.

Di balik prestasinya, ternyata pria 57 tahun ini sangat menyukai musik dangdut.

Bahkan, Helmy Yahya membagikan cerita pernah menjuarai kompetisi dangdut semasa kuliahnya dulu.

“Saya pernah juara dangdut. Suatu hari di STAN itu kompetisi dangdut. Kalau antar mahasiswa pasti bawain lagunya PMR kan. Gue pernah juara dan waktu itu gue nyanyi lagunya Mansyur S,” ungkap Helmy Yahya dikutip dari kanal YouTube SULE Channel, Rabu (24/2/2021).

Baca juga: Pernah Jadi Direktur Utama TVRI, Helmy Yahya: Saya Balas Budi

Minatnya pada musik khas Tanah Air itu tidak lepas dari pengaruh kakaknya yang ternyata pemilik orkes dangdut.

“Kakak saya nomor tiga itu punya orkes dangdut yang paling terkenal di Palembang. Nah, dari situ sudah deket sama musik dangdut,” lanjutnya.

Namun, karena takut tidak tepat dengan personal branding-nya, Helmy Yahya akhirnya memutuskan meninggalkan musik dangdut.

“Gue suka (dangdut), tapi gue enggak pernah mau keluarin. Karena ‘brand lu apa nih?’. Bukan kita bilang dangdut itu jelek ya, tapi gue kan harus memilih,” kata Helmy Yahya.

Baca juga: 11 Komedian Terbaik Versi Helmy Yahya, dari Indro Warkop hingga Komeng

Sebagai informasi, Helmy Yahya yang lahir 6 Maret 1963 ini dikenal sebagai "Raja Kuis Indonesia" karena banyak menelurkan program acara kuis di televisi.

Kata Berkait, Kuis Kontak, hingga Taktikbum adalah judul-judul kuis ciptaan Helmi Yahya yang menghibur penonton televisi pada masanya.

Pada 2017 lalu, suami Febriani Sofyan ini dilantik sebagai Direktur Utama (Dirut) TVRI periode 2017-2022.

Namun, pada Januari 2020, Helmy Yahya diberhentikan menjadi Dirut TVRI.

Baca juga: Lulusan STAN hingga S2 di Amerika, Ini Alasan Helmy Yahya Tak Tekuni Akuntansi


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X