Kompas.com - 22/02/2021, 19:11 WIB
Padi Reborn dalam acara talkshow. (Dokumentasi narasumber). KOMPAS.com/Dokumentasi NarasumberPadi Reborn dalam acara talkshow. (Dokumentasi narasumber).

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup band PADI Reborn kembali merilis sebuah karya musik untuk kepentingan non komersil.

Band yang digawangi Fadly (vokal), Piyu (gitar), Ari (bas), Rindra (gitar), dan Yoyo (drum) tersebut menggarap lagu kolaborasi "Kagama Bhakti" bersama Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (UGM) atau biasa dikenal dengan sebutan Kagama.

Para personel Padi Reborn kemudian beranjangsana dan menyerahkan karya musik lagu "Kagama Bhakti" kepada Ketua Umum Kagama Ganjar Pranowo di Semarang, Jawa Tengah, Senin 22 Februari 2021.

Sosok yang tak lain adalah Gubernur Jawa Tengah tersebut mengapresiasi Padi Reborn sebagai musisi yang punya kepedulian tinggi dan berkontribusi positif untuk masyarakat.

Baca juga: Jaga Kesehatanmu, Simak Lirik Lagu Ingat Pesan Ibu dari Padi Reborn

"Lagu ini punya nilai-nilai yang sangat bagus sekali. Lewat musikalitas dari Mas Fadly, Mas Piyu, Mas Rindra, Mas Ari, dan Mas Yoyo, lagu ini semakin luar biasa. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang, tidak hanya sebatas bagi alumni UGM saja," tutur Ganjar Pranowo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Lagu "Kagama Bhakti" yang dibawakan kembali Padi Reborn sebelumnya diciptakan dan diaransemen Dika Sri Hapsari, Alumni Fakultas Pertanian UGM.

Lagu berdurasi sekitar 3 menit ini berisi lirik-lirik yang menggambarkan keelokan alam dan budaya Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan.

Liriknya juga menegaskan komitmen seluruh alumni UGM untuk bersatu dan berkontribusi untuk Tanah Air Indonesia.

Baca juga: Maia, Judika, dan Rossa Absen, Juri Indonesian Idol Digantikan Titi DJ, Kaka Slank, dan Fadly PADI Reborn

"Tentu awalnya kaget ketika kami yang diminta untuk membawakan lagu Kagama Bhakti. Namun setelah pembicaraan dengan pengurus-pengurus Kagama kami justru tersadarkan kolaborasi ini menjadi simbol bahwa Kagama ini organisasi yang inklusif dan terbuka bagi siapapun untuk bekerjasama, sepanjang tujuannya berkontribusi positif bagi bangsa," kata Piyu.

Pada Oktober tahun lalu, PADI Reborn juga merilis lagu "Ingat Pesan Ibu" sebagai bentuk kolaborasi bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Lagu tersebut diharapkan menjadi pengingat masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan demi menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X