Dr Tirta Sarankan Poin-poin Ini untuk Selesaikan Polemik Pelanggaran Prokes di Televisi

Kompas.com - 17/02/2021, 21:24 WIB
Ketua KPI Agung Suprio dan dr Tirta menjadi bintang tamu di podcast Deddy Corbuzier. YouTube Deddy CorbuzierKetua KPI Agung Suprio dan dr Tirta menjadi bintang tamu di podcast Deddy Corbuzier.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dokter Tirta memberikan saran sejumlah poin untuk menyelesaikan polemik pelanggaran protokol kesehatan di televisi.

Dokter Tirta mengaku sudah menyarankan agar Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 membuat sebuah formula rinci bersama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk acara-acara di televisi.

"Sebenarnya dari September atau Juni sebelum perdebatan ini terjadi aku udah saranin ke Satgas bikin formula di TV karena ini akan menjadi problem, polemik, karena sesuatu yang terlalu banyak melanggar dan yang ditegakkan hanya beberapa orang itu akan menjadi perlawanan," kata dr Tirta seperti dikutip Kompas.com dari podcast Deddy Corbuzier, Rabu (17/2/2021).

Baca juga: Crazy Rich PIK Dapat Vaksin Covid-19, Dokter Tirta: Staf Pengadaan Apotek Punya McLaren

Poin pertama yang disarankan adalah komitmen setiap stasiun televisi untuk melaporkan screening hasil pengecekan rutin swab antigen atau PCR dari setiap acaranya.

Khusus untuk sinetron, dokter Tirta menyarankan agar setiap rumah produksi tidak memindahkan lokasi syuting demi menekan angka penyebaran virus corona.

"Untuk sinetron komit untuk menjaga tempatnya di situ, jangan pindah-pindah. Cari adegan yang bisa dikontrol di satu area sehingga kejadian seperti tiba-tiba ada penonton datang itu tidak terjadi," ucapnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: KPI Akui Sedang Meramu Formula Aturan untuk Sinetron Televisi

Selain itu, sinetron juga harus menghadirkan beberapa adegan penggunaan masker sebagai bentuk edukasi terhadap para penonton.

Seperti diketahui, share dan rating penonton sinetron biasanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan reality show atau talk show di televisi.

Poin-poin yang diajukan oleh dokter Tirta ini memang belum mendapat sambutan positif, baik dari Satgas Covid-19 maupun KPI.

Baca juga: KPI Beri Teguran Tertulis untuk Sinetron Buku Harian Seorang Istri

"Cuma ribetnya adalah itu membuat peraturan di pasal KPI jadi banyak tetapi lebih baik ribet membuat peraturan kecil-kecil dibanding satu peraturan besar tapi ambigu," kata Tirta.

Polemik pelanggaran protokol kesehatan di dunia televisi tengah menjadi perbincangan hangat di masyarakat.

KPI belum lama ini memberikan teguran kepada 37 acara televisi yang dianggap melanggar protokol kesehatan karena tidak menggunakan masker atau menjaga jarak.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X