Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinopsis Amend: The Fight for America, Menagih Janji Kesetaraan di Amerika

Kompas.com - 17/02/2021, 11:54 WIB
Widya Lestari Ningsih,
Rheisnayu Cyntara

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Serial dokumenter Amend: The Fight for America tayang di Netflix mulai hari ini, Rabu (17/2/2021).

Dipandu oleh Will Smith, doku-seri ini akan mengulik lebih dalam tentang Amandemen Keempat Belas Konstitusi Amerika Serikat.

Sepanjang enam episode, Will Smith akan mengajak penonton membahas tentang pembuatan, makna, dan praktik Amandemen XIV sejak ditetapkan pada 9 Juli 1868.

Dirinya percaya, pemahaman lebih dalam terhadap Amandemen XIV adalah titik awal untuk menegakkan keadilan dan kesetaraan bagi semua orang.

Baca juga: Sinopsis A Lion in the House, Dokumenter Perjuangan Anak Lawan Kanker

Seperti diketahui, Amandemen XIV adalah simbol demokrasi paling abadi di Amerika yang menjanjikan kebebasan dan perlindungan hukum bagi semua orang.

Namun pada praktiknya, persamaan hak bagi kelompok kulit berwarna, para wanita, dan kelompok LGBT, masih sulit dicapai hingga hari ini.

Karena itu, serial Amend: The Fight for America diharapkan mampu mendorong kemajuan menuju kesetaraan sejati seperti yang dijanjikan Amandemen XIV.

Baca juga: Sinopsis The Vow, Dokumenter tentang Sekte Seks Tergila di New York

Sutradara Kenny Leon dan Reinaldo Marcus Green telah menyiapkan foto-foto sejarah, arsip rekaman, dan animasi sederhana yang akan mendukung narasi dari Will Smith.

Tak hanya itu, sejumlah selebriti ternama juga akan tampil dalam serial ini.

Diantaranya Samuel L. Jackson, Mahershala Ali, Yara Shahidi, Pedro Pascal, Randall Park, dan Diane Lane.

Mereka akan membawakan narasi dari tokoh-tokoh terkenal yang pernah mendukung ataupun menentang Amandemen XIV.

Baca juga: Sinopsis The Sound of Silence, Tayang di CATCHPLAY+

Serial Amend: The Fight for America dibuat oleh Robe Imbriano dan Tom Yellin.

Dalam serial ini, Will Smith juga berperan sebagai produser eksekutif bersama Terence Carter, Jana Babatunde-Bey, Jamal Watson, Tom Yellin, Robe Imbriano, Jonna Mclaughlin, dan Angus Wall, Larry Wilmore.

Apabila Anda tertarik untuk menonton, serial dokumenter Amend: The Fight for America telah tersedia di Netflix mulai hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com