Kompas.com - 06/02/2021, 15:51 WIB
Pencipta lagu Terpesona, Semuel Takatelide. (Sumber: Semuel Takatelide) KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISIPencipta lagu Terpesona, Semuel Takatelide. (Sumber: Semuel Takatelide)

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, lagu "Terpesona" kerap kali terdengar di berbagai platform media sosial.

Tidak sedikit orang yang ingin tahu siapa pencipta di balik lagu yang dijadikan sebagai yel-yel TNI hingga Polri itu.

Dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Semuel Takatelide, pencipta lagu "Terpesona" mengaku bangga karyanya diterima dengan baik masyarakat Indonesia.

Baca juga: Di Balik Cerita Lagu Terpesona yang Jadi Yel Yel TNI-Polri

"Saya tidak pernah terpikirkan sampai seperti ini. Terus terang, saya bangga dengar lagu saya jadi viral seperti ini. Itukan lagu yang sudah lama sekali dan 2021 viral lagi. Saya saja kaget. Iya, memang bangga sekali," ungkap Semuel kepada Kompas.com, Sabtu (6/2/2021).

Sebelum akhirnya digandrungi masyarakat Indonesia, Semuel mengatakan karyanya ini lebih dulu meledak pada 1998 di masyarakat Sulawesi Utara setelah ia merilisnya di tahun tersebut.

Setelah dijadikan sebagai yel-yel TNI serta Polri dan kini mendadak viral, Semuel mengaku tidak pernah sama sekali mendapatkan royalti dari lagu tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Semuel Takatelide Ungkap Awal Mula Terciptanya Lagu Terpesona yang Mendadak Viral

Namun kini ia telah bekerja sama dengan salah satu perusahaan musik di Jakarta untuk memasuki dapur rekaman lagi. Terlebih, agar lagu tersebut bisa mendapatkan royalti.

"Enggak, saya enggak pernah dapat royalti. Makanya saya pakai publisher, supaya bisa diawasi semua. Ada yang cover, tapi tidak minta izin, nah itu dia (publisher) kasih tahu bahwa ini ada penciptanya, bukan tidak ada, gitu," kata Semuel.

"Saat ini sudah (mendapat royalti). Kan sudah ada perjanjian kontrak. Jadi sudah pasti, perbulan sudah ada itu," ujar Semuel melanjutkan.

Baca juga: Viral, Ini Lirik dan Chord Lagu Terpesona Yel-yel TNI

Semuel sendiri memaklumi banyak orang yang tidak mengenal dirinya dan kini lebih mengenal karyanya.

"Makanya, orang itukan booming se-Indonesia, di luar negeri juga. Nah, kalau misalnya itukan kami ini hanya orang daerah. Makanya tidak dikenal," ujar Semuel.

Terlepas dari itu, Semuel mengizinkan semua pihak meng-cover lagu "Terpesona". Namun, dengan catatan, harus meminta izin terlebih dahulu kepada dirinya.

"Kalau ada yang telepon saya, 'Pak, saya mau pakai Bapak punya lagu', nah saya kasih nomor telepon publisher langsung saja, berurusan langsung saja dengan publisher. (Intinya) asal ada izin, nah gitu," tegas Semuel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.