Kompas.com - 05/02/2021, 19:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Setelah sempat diselidiki pajaknya oleh Layanan Pajak Nasional Seoul kantor wilayah Korea Selatan tanggal 4 Februari 2021, SM Entertainment dan Lee Soo Man kini diharuskan membayar sekitar 20 miliar won atau sekitar Rp 249 miliar pada pemerintah.

Menurut Layanan Pajak Nasional, pemeriksaan pajak luar biasa dilakukan karena kecurigaan bahwa Lee Soo Man dan SM Entertainment melakukan penggelapan pajak.

Meskipun SM Entertainment menyatakan bahwa mereka telah mematuhi audit pajak reguler dengan rajin, pihak yang berwenang mengungkapkan ada transaksi dan dokumen tertentu tampak tidak biasa.

Desas-desusnya, diduga telah terjadi kebocoran dana perusahaan yang ditransaksikan antara mantan CEO dan agensi tersebut serta informasi keuangan telah dihilangkan selama transaksi perusahaan ke perusahaan.

Sebagai bagian dari penyelidikan, Biro Investigasi Layanan Pajak Nasional memeriksa saham Lee Soo Man dan keponakannya, Lee Sung Soo (co-CEO SM Entertainment saat ini).

Setelah mengundurkan diri sebagai CEO, pendiri Lee Soo Man saat ini adalah pemegang saham terbesar SM Entertainment, dengan 18,73 persen saham di perusahaan.

Sekarang, laporan yang diterbitkan oleh Layanan Pengawas Keuangan menyatakan, SM Entertainment hanya memiliki waktu satu bulan untuk membayar ke kantor pajak office 20.216.665.498 won (sekitar Rp 252 miliar).

Jatuh tempo pembayaran yang berjumlah 3,19 persen dari kekayaan bersih perusahaan, yaitu pada tanggal 31 Maret 2021.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada 5 Februari, perwakilan SM Entertainment mengungkapkan, sementara mereka akan membayar biaya 20,2 miliar won sebelum tenggat waktu, mereka juga berniat untuk mengikuti proses banding.

Meskipun diduga menghindari pajak, SM Entertainment diketahui juga telah merugi bersih 15,6 miliar won (Rp 195 miliar) antara Juli dan September 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Koreaboo

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.