Kompas.com - 01/02/2021, 17:37 WIB
Komedian Sule menjadi tamu di kanal YouTube Ayu Dewi, MrsAyuDewi. YouTube MrsAyuDewiKomedian Sule menjadi tamu di kanal YouTube Ayu Dewi, MrsAyuDewi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah tahun 1997 bergabung dengan grup seni Lapidut (Lawak, Kecapi, Dangdut), Sule manggung dari acara ke acara di sekitaran Bandung.

Bersama grup itu Sule juga sempat siaran di radio-radio lokal. Kegiatan itu ia jalani selama sekitar enam tahun.

Baca juga: Bukan dengan Melawak, Sule Awali Karier Lewat Menari

Kemudian Sule mengetahui dari anak sulungnya, penyanyi Rizky Febian, ada audisi melawak API (Audisi Pelawak Indonesia) yang diselenggarakan kanal TV TPI.

"Dulu yg ngasih tahu tuh si Iky, 'Ada lomba lawak di TPI, Yah'. Iky masih umur 5 tahun," ungkap Sule dikutip dari kanal YouTube Abdel Achrian, Senin (1/2/2021).

Baca juga: Punya Rumah Seluas 1.500 M2, Sule: Biasa Saja, Tidur Juga Hanya di Satu Kamar

Namun karena Sule bingung ia harus audisi melawak secara grup bersama siapa. Sebab kata Sule, anggota Lapidut banyak yang sudah tua.

"Nih kan udah pada tua-tua nih, gue paling muda, karena kan ada aturan umur sampai 35 tahun, 'Gue sama siapa ya'," ujar Sule mengenangnya.

Baca juga: Sule Ungkap Kondisi Nathalie Holscher yang Alami Keguguran

Sule pun mengajak rekannya, Ogi dan Oni, yang mana mereka bertiga di tahun 1994 pernah tergabung dalam grup Jakalalana tetapi bubar pada 1997.

"Akhirnya ingatlah, udah dah si Ogi SOS deh, ajak deh sama Oni. Awalnya mah mereka enggak mau. Paksa, 'Udah ikut jangan mikirin menang atau enggak yang penting kita berjuang aja dulu'," cerita Sule.

Baca juga: Cara Sule Kuatkan Nathalie Holscher Usai Keguguran

Mereka pun latihan satu bulan lalu lolos dan akhirnya menang dari API tahun 2005.

Dari situ, Sule, Ogi, Oni membuat grup baru dengan nama SOS.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X