Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu-lagu Anak Karya Mamo Agil Dinyanyikan Ulang Cucunya

Kompas.com - 29/01/2021, 17:17 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Untuk anak-anak yang besar di era 1980-an mungkin mengenal lagu "Abang Tukang Bakso" yang begitu populer saat itu.

Sosok di balik lagu ini adalah Mamo Agil, pencipta lagu tersebut, yang juga salah seorang personel dari grup Usman Bersaudara.

Walau telah memiliki karya-karya yang legendaris, ternyata hingga saat ini Mamo Agil masih produktif untuk berkarya.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Anak, Abang Tukang Bakso

"Saya sampai sekarang tetap memiliki ide-ide untuk terus membuat lagu baru, baik lagu pop, tapi terutama juga lagu anak-anak," ujar Mamo, Jumat (29/1/2020).

Era musik digital kini justru membuka jalan lebih lebar bagi mamo untuk berkarya. Jika dulu harus mengumpulkan banyak lagu dan merekam satu album untuk menjadi kaset, kini tidak harus menunggu satu album karena dapat diluncurkan sebagai singel.

Darah seni ternyata juga terus mengalir di keluarganya. Khusus untuk lagu anak-anak, karya-karyanya yang terbaru akhir-akhir ini banyak dibawakan oleh cucunya sendiri, Andrew Mamo Agil yang kini berusia 9 tahun.

Baca juga: Mamo Agil Sesalkan Minimnya Lagu Anak

Awalnya sang cucu suka musik dan memiliki bakat untuk bernyanyi. Mamo Agil kemudian mencoba mengajak Andrew untuk mengisi vokal di lagu "Abang Tukang Bakso" yang dibuatnya.

Dari sanalah Mamo Agil membuat musik beberapa lagu ciptaannya untuk dibawakan oleh cucunya, termasuk beberapa lagu baru yang diciptakannya untuk dibawakan Andrew.

Hingga kini sudah cukup banyak single yang telah dibawakan oleh Andrew Mami Agil di antara lain "Abang Tukang Bakso", "Organik", "Ayah Bunda", "Sahabat Karib", "Main Band", "Daddy", "Belajar No 1" dan juga lagu dengan pesan kesehatan di masa pandemi, "Di Rumah Saja".

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Anak, Aku Punya Anjing Kecil dari Chicha Koeswoyo

Karena lagu-lagunya banyak yang mengandung pesan moral dan nilai pendidikan, ada di antaranya juga terpilih menjadi materi Belajar Dari Rumah di TVRI dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Di awal tahun 2021 ini bersama GNP Music, Andrew Mamo Agil kembali membawakan lagu karya eyangnya yang berjudul "Nasehat Orang Tua". Single terbarunya ini akan diluncurkan pada tanggal 30 Januari 2021 di berbagai platform musik digital. Video klip untuk lagu ini ternyata juga dibuat sendiri oleh ayahnya, Richie Agil.

Lagu ini sendiri mengajarkan agar sebagai anak-anak selalu patuh dan mendengarkan nasehat orang tua. Mamo Agil berharap melalui pesan-pesan positif yang disampaikan melalui lagu-lagu ciptannya dapat memberi pengaruh yang baik kepada anak-anak Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com