Komeng Ungkap Ada Perjanjian Pelawak soal Bahan Komedi di TV dan Panggung

Kompas.com - 21/01/2021, 19:21 WIB
Komedian Komeng menjadi tamu kanal YouTube Gofar Hilman. YouTube Gofar HilmanKomedian Komeng menjadi tamu kanal YouTube Gofar Hilman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelawak Komeng mengungkap adanya perjanjian antarpelawak soal bahan komedi di televisi dan panggung.

Hanya saja, menurut Komeng, perjanjian itu terjadi di masa lalu.

Komeng bercerita, di masa lalu, para pelawak biasanya menggunakan dua bahan berbeda ketika tampil di televisi dan di atas panggung.

Kemudian, berdasarkan perjanjian bahan televisi tidak boleh digunakan di atas panggung, begitu pun sebaliknya.

"Dulu ada perjanjian di antara pelawak, bahan panggung ya bahan panggung dan bahan TV ya buat TV," ucap Komeng dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Pandji Pragiwaksono, Kamis (21/1/2021).

Baca juga: Komeng Tak Permasalahkan Bahan Lawakannya Diambil Orang Lain

Seiring berjalannya waktu yang disertai kemajuan teknologi, perjanjian itu akhirnya tak mungkin untuk digunakan lagi.

Kemudahan para penonton merekam aksi pelawak di atas panggung, mengakibatkan para pelawak harus semakin banyak membuat materi lawak.

"Sekarang karena peralatan canggih jadi harus selalu berubah kalau enggak ya gitu," ucap pemilik nama asli Alfiansyah Bustami tersebut.

Komeng lalu menceritakan kejadian saat ia dan Opie Kumis gagal mengocok perut penonton lantaran bahan lawakan mereka sudah diketahui sebelumnya.

Bagi Komeng, kejadian tersebut merupakan sebuah pukulan bagi para pelawak saat tampil di atas panggung.

Namun, kejadian seperti itu adalah risiko sehingga para pelawak harus rajin membuat materi baru.

Baca juga: Komeng Sedih Ceritakan Kepergian Putrinya hingga Ungkap Hadiah Terakhir


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X