Kompas.com - 21/01/2021, 16:33 WIB
Dokter kecantikan Richard Lee saat memberikan edukasi mengenai produk perawatan kulit berbahaya YouTube Deddy Corbuzier Dokter kecantikan Richard Lee saat memberikan edukasi mengenai produk perawatan kulit berbahaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Dokter kecantikan Richard Lee berbincang dengan Deddy Corbuzier perihal produk skincare atau perawatan kulit berbahaya.

Dalam podcast yang diunggah di kanal YouTube Deddy Corbuzier, Richard mengatakan, ada alasan di balik tingginya penggunaan skincare berbahaya di Indonesia.

"Karena cepat, karena instan. Bagus hasilnya, tapi kan habis itu (kulitnya) rusak," ujar Richard Lee, dikutip dari kanal YouTube Deddy Corbuzier, Kamis (21/1/2021).

Baca juga: Richard Lee soal Produk Skincare di Indonesia: Banyak yang Ngakunya BPOM

Richard menganalogikan produk skincare berbahaya yang mengandung merkuri dan hidrokuinon seperti "narkobanya kulit".

"Saya ngomongnya paling gampang analoginya sama seperti narkobanya kulit. Pakai narkoba itu kan sakit kepala hilang, instan, happy," kata Richard.

Richard kemudian menjelaskan efek samping penggunaan skincare berbahaya yang membuat penggunanya mengalami ketergantungan.

Baca juga: Tanggapan Richard Lee Disebut Penghancur Usaha Orang Lain hingga Pansos

"Jadi kalau pakai obat kulit itu dua minggu sudah glowing, kayak porselen, dipamerin, flek hilang, kalau jerawat, jerawatnya sembuh kalau pakai merkuri," tutur Richard.

Richard mengatakan, penggunaan skincare berbahaya akan membuat skin barrier atau kulit bagian luar terkikis.

"Ketika setop, hancur parah. Karena sistemnya bukan untuk flek, itu mengikis lapisan terluar. Lapiran luar kulit dikelupas semua. Jadinya (kulit) putih," ujarnya.

Baca juga: Perjuangan Richard Lee Menjadi Dokter dan Impiannya Jadi Inspirasi Orang Banyak

"Nah, itu yang saya ngomong ketergantungan," kata Richard menegaskan.

Richard Lee sendiri dikenal sebagai dokter kecantikan yang sering memberikan edukasi tentang produk kecantikan dan perawatan kulit di kanal YouTube-nya.

Ia tak segan memberikan informasi tentang produk perawatan kulit yang aman maupun yang berbahaya untuk digunakan.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X