Kompas.com - 21/01/2021, 15:17 WIB
Dokter kecantikan Richard Lee saat memberikan edukasi mengenai produk perawatan kulit berbahaya YouTube Deddy Corbuzier Dokter kecantikan Richard Lee saat memberikan edukasi mengenai produk perawatan kulit berbahaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Dokter kecantikan Richard Lee membicarakan tentang produk perawatan kulit bersama pembawa acara Deddy Corbuzier.

Dalam kesempatan itu, Deddy Corbuzier bertanya soal pemakaian skincare yang dibeli melalui media sosial.

Baca juga: Tanggapan Richard Lee Disebut Penghancur Usaha Orang Lain hingga Pansos

"Muka nih, wajah misalnya, dikasih obat-obat yang belinya dari sosial media, bahaya enggak?" tanya Deddy Corbuzier dikutip dari kanal YouTube-nya, Kamis (21/1/2021).

Richard tak mempermasalahkan orang yang ingin membeli produk skincare di media sosial apabila terjamin keamananya.

"Ya kalau aman ya enggak bahaya. Gampang banget kalau di Indonesia itu BPOM atau enggak. BPOM pasti aman meskipun belum tentu cocok," ujar Richard.

Baca juga: Perjuangan Richard Lee Menjadi Dokter dan Impiannya Jadi Inspirasi Orang Banyak

Richard menjelaskan maksud kulit yang belum tentu cocok dengan produk yang sudah memiliki sertifikat BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

"Karena kan ada yang namanya kategori lagi ya, ibu hamil, ibu menyusui, jerawat, flek, dan sebagainya. Tapi kalau BPOM saya pastikan dulu aman," kata Richard.

Richard menemukan banyak produk skincare yang mengklaim sudah memiliki sertifikat BPOM tetapi tidak aman untuk digunakan.

Baca juga: [POPULER HYPE] Awal Mula Dayana Viral | Tanggapan Richard Lee Disebut Penghancur Usaha Orang

"Yang jadi masalah adalah di Indonesia ini banyak yang ngakunya BPOM, katanya BPOM," tutur Richard.

"Nipu dong? Makanya itu yang lu kata-katain?" ujar Deddy Corbuzier.

Richard hanya tertawa mendengar ucapan Deddy Corbuzier. Presenter berusia 44 tahun ini kembali bertanya merek produk skincare apa saja yang dinilai Richard berbahaya.

Baca juga: Pada Boy William, Richard Lee Tak Rekomendasikan Alat Penyedot Komedo, Kenapa?

"Banyak, lihat saja di YouTube channel saya," kata Richard sembari tertawa.

Richard Lee dikenal sebagai dokter kecantikan yang sering memberikan edukasi tentang produk kecantikan dan perawatan kulit di kanal YouTube-nya.

Pemilik klinik kecantikan Athena ini tak segan memberikan informasi tentang produk perawatan kulit yang aman dan yang berbahaya untuk digunakan.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X