Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersandung Skandal Sewa Rahim, Zheng Shuang Kehilangan Pekerjaan

Kompas.com - 21/01/2021, 11:14 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

Sumber SCMP

JAKARTA, KOMPAS.com- Artis China Zheng Shuang terancam kehilangan sejumlah pekerjaan karena skandal yang terungkap belum lama ini.

Dua hari yang lalu, bintang serial Love O2O itu dituding oleh mantan pasangannya Zhang Heng, telah menelantarkan dua anak mereka yang lahir melalui ibu pengganti.

Bahkan dari bukti audio yang disertakan, Zheng terdengar kesal karena anak-anak tersebut tidak dapat diaborsi karena ibu pengganti sedang hamil tujuh bulan pada saat itu.

Apa yang telah dilakukan Zheng dengan menggunakan ibu pengganti untuk melahirkan anaknya tentu menyalahi hukum di China.

Pemerintah China jelas melarang adanya ibu pengganti karena dianggap menginjak-injak moralitas manusia.

"Sebagai warga negara China, tindakan pergi ke Amerika Serikat untuk (mendapat) celah hukum berarti tidak mematuhi hukum," kata Komisi Urusan Politik dan Hukum Pusat Partai Komunis China.

Akibat tindakan Zheng tersebut, merek ternama Prada yang telah menandatangani kontrak dengan Zheng delapan hari sebelum kabar itu muncul, mengumumkan pembatalannya.

Prada tidak ingin lagi menjadikan Zheng sebagai brand ambassador mereka.

Selain Prada, majalah yang bekerjasama dengan Zheng seperti Modern Weekly dan Harper's Bazaar China, juga telah menghapus unggahan media sosial mereka yang mempromosikan Zheng.

Merek lain, termasuk produk kosmetik China, Chioture, merek perhiasan asal London, Lola Rose dan perawatan rambut Aussie, telah menjauhkan diri mereka dari Zheng.

Produk-produk itu mengumumkan melalui Weibo bahwa kontrak mereka dengan Zheng telah berakhir dan tidak akan bekerjasama dengannya saat ini.

Tidak hanya soal pekerjaan, bahkan penghargaan yang pernah diterima Zheng juga akan dicabut.

The Huading Awards yang mirip seperti People's Choice Awards di Amerika, juga mengumumkan melepaskan penghargaan artis terbaik di serial tv modern tahun 2016 dan top 10 bintang tv favorit di tahun 2014.

Netizen meminta agar acara reality, film yang akan tayang agar menghapus bagian Zheng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com