Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2021, 14:32 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dokter Richard Lee kerap membagikan edukasi soal produk-produk kecantikan.

Richard mengaku tak masalah disebut sebagai penghancur usaha orang lain ketika ia membeberkan bahan berbahaya dari sejumlah produk.

"Ya enggak apa-apa (dibilang penghancur usaha) kalau produk itu abal-abal, dibandingin dia ngehancurin muka orang, dia ngelakuin pidana. Gue cuma kasih tahu brand-nya dia abal-abal, kalau enggak (mau dibilang abal), ya benahi aja," ujar Richard seperti dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube Boy William, Selasa (19/1/2021).

Baca juga: Kini Sukses Jadi Dokter dan YouTuber, Richard Lee: Dulu Benar-benar Miskin

Richard mengatakan, karena kerap berkata jujur soal produk-produk mana saja yang mengandung bahan berbahaya, ia pernah dilaporkan ke polisi.

Bapak tiga anak ini sering dilaporkan sebagai penyebar hoaks bahkan fitnah.

Padahal, Richard memastikan bahwa apa yang dia edukasikan ke masyarakat soal produk kecantikan tersebut telah melalui uji laboratorium.

Baca juga: Cerita Richard Lee Dilarang Kuliah Kedokteran karena Tak Ada Biaya

"Kita mau ngomong abal-abal itu pakai bukti, pakai hasil laboratorium bukan cuma tuduh doang, bukan untuk cari sensasi, bukan buat fitnah orang," ucap Richard.

Richard pun tak peduli jika ada orang lain yang tak suka padanya karena dia kerap membongkar produk kecantikan abal-abal.

"Iya enggak apa-apa terserah mereka apa yang dipikirkan. Tetapi dalam hatiku, yang aku pikirkan edukasi yang terbaik. Semakin lu tinggi, masalah tuh pasti ada, enggak mungkin lu hindari satu masalah, kalau lu mau ngehindarin satu masalah, pasti ada masalah lainnya," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com