Kompas.com - 19/01/2021, 10:03 WIB
Deddy Corbuzier saat menceritakan Syekh Ali Jaber Tangkapan layar YouTube Deddy CorbuzierDeddy Corbuzier saat menceritakan Syekh Ali Jaber

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter Deddy Corbuzier cukup kesal dan geram dengan ramalan Mbak You tentang Indonesia di tahun 2021.

Dalam ramalannya, Mbak You menyebutkan akan terjadi kericuhan, penjarahan, hingga pergantian pemimpin di Indonesia.

Baca juga: Deddy Corbuzier Sebut Ramalan Mbak You sebagai Provokasi

Pria berkepala plontos ini akhirnya membuat sebuah video khusus di kanal YouTubenya untuk Mbak You.

1. Provokasi

Deddy Corbuzier dengan tegas menyebut ramalan dari Mbak You adalah sebuah provokasi.

Baca juga: Deddy Corbuzier Imbau Mbak You Minta Maaf atas Video Ramalannya

Di tengah kondisi negeri yang dilanda berbagai bencana, Deddy sangat menyayangkan ramalan dari Mbak You justru semakin memperkeruh suasana.

"Ini provokasi namanya. Tergantung provokasinya mau negatif atau positif. Omong kosong ramalan, ini provokasi, orang akan merasa dibenarkan ketika nanti terjadi kerusuhan," ucap Deddy.

Baca juga: Deddy Corbuzier Merasa Spesial Bisa Kenal Dekat dengan Syekh Ali Jaber karena Hal Ini

2. Imbau lakukan permintaan maaf

Deddy Corbuzier juga meminta agar Mbak You segera melakukan permintaan maaf karena telah menimbulkan kegaduhan karena ramalannya.

Menurut ayah satu anak ini, ramalan Mbak You hanya menimbulkan nocebo effect di kalangan masyarakat.

Baca juga: Deddy Corbuzier Mengenang Sosok Syekh Ali Jaber

"Sudahlah mendingan minta maaf, mengakui, 'itu saya asal ngomong.' Sudah, beres. Selesai di sana. Ngakuin aja saya salah ngomong," kata Deddy.

3. Ajak masyarakat lebih cerdas

Pada bagian akhir video, Deddy Corbuzier mengajak para penontonnya untuk bisa lebih cerdas dalam mencerna sebuah informasi.

Baca juga: Deddy Corbuzier Berlinang Air Mata Mengenang Sosok Syekh Ali Jaber

Terlepas dari kepercayaan masyarakat akan sebuah ramalan, Deddy berharap agar para penontonnya tidak terkena nocebo effect dari ramalan Mbak You.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X