Begini Cara Marshanda Beritahu Kondisi Kesehatan Mentalnya pada Anak

Kompas.com - 17/01/2021, 14:12 WIB
Marshanda di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (21/10/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAMarshanda di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (21/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengalami kondisi gangguan bipolar, Marshanda punya cara sendiri untuk memberitahu putrinya.

Marshanda mengatakan pada putrinya bahwa dia memerlukan waktu untuk sendiri atau istirahat yang disebutnya dengan downtime.

"Dia ( Sienna) suka gini 'ibu kenapa suka butuh downtime?'" kata Marshanda meniru ucapan putrinya, dikutip dari kanal YouTube Trans7 Official, Minggu (17/1/2021).

Saat butuh downtime, Marshanda akan memberitahu putrinya bahwa dia hanya ingin duduk, mendengarkan lagu, seperti meditasi.

Baca juga: Sebut Kriteria Calon Pasangan, Marshanda Ingin yang Lebih Dominan

Artis yang akrab disapa Chaca itu juga menjelaskan alasannya perlu melakukan downtime pada sang anak.

"Aku bilang, 'karena kalau ibu enggak ngambil downtime, ibu bisa jadi grumpy', aku bilang. Karena udah kecapekan," tutur Marshanda.

Bersyukurnya, selama bersama Sienna, Marshanda mengatakan tidak pernah marah atau menjadi pemarah.

Hal itu lantaran putrinya dari pernikahan dengan Ben Kasyafani itu termasuk anak penurut yang tahu harus melakukan apa tanpa diminta.

"Dia bilang, 'kok ibu enggak pernah marah sih sama aku?' Aku bilang, 'ya aku bersyukur sih kamu yang sebenarnya bikin ibu lebih mudah'," ucap Marshanda.

Marshanda juga mengatakan Sienna akan bersamanya dua hari dalam sepekan, Sabtu dan Minggu.

Sudah hapal dengan kondisinya, Marshanda jadi tahu kapan dia harus berhenti dan kapan harus melanjutkan aktivitasnya.

Baca juga: Pamer Foto Berbikini dengan Stretch Mark, Marshanda Tuai Pujian


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X