Bintang Emon Dukung RUU PKS, Ajak Tak Lagi Salahkan Pakaian Korban

Kompas.com - 17/01/2021, 12:52 WIB
Komika Bintang Emon Instagram/Bintang EmonKomika Bintang Emon

JAKARTA, KOMPAS.com- Komika Bintang Emon ajak masyarakat untuk mengisi petisi pengesahan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual ( RUU PKS).

Dalam video singkatnya, Bintang Emon mengatakan pentingnya RUU PKS segera disahkan setelah sempat dikeluarkan dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020, dan kembali masuk di Prolegnas Prioritas 2021.

"Mari kita dukung RUU dalam rangka menciptakan Indonesia sebagai tempat yang tidak aman untuk pelaku pelecehan seksual," kata Bintang Emon, dikutip Minggu (17/1/2021).

Baca juga: Bintang Emon Kagok Berperan sebagai Laki-laki Serius di Serial Imperfect

Menurutnya, sudah cukup banyak jumlah korban pelecehan seksual, perkosaan yang justru dipersalahkan atas diri mereka, seperti pakaian mereka.

Bukan waktunya lagi menyalahkan korban atas cara berpakaian mereka.

Tidak bisa lagi mengatakan "kucing diberi ikan siapa menolak" yang selalu menjadi dalih pembenaran banyak orang sikap pelaku pelecehan, dan justru menyalahkan korban.

Baca juga: Daftar 5 Artis Paling Banyak Dicari Sepanjang 2020, Bintang Emon Nomor Satu

Karena yang terjadi kini justru banyak dari mereka yang berpakaian sopan tetap menjadi korban pelecehan seksual.

"Yang lo bilang ikan ini udah tertutup secara norma masyarakat tapi tetap aja diembat, sekarang kucing mana yang bisa buka sarden sendiri?" kata Bintang.

"Kita sudah cukup lama fokus dalam menyalahkan pakaian korban, dan hasilnya nihil, tetap aja ada pelecehan seksual, lebih tinggi bahkan," sambungnya.

Baca juga: Deretan Artis Tanah Air Luapkan Kekecewaan pada Proyek Jurassic Park Pulau Rinca, Melanie Subono sampai Bintang Emon

Belum lagi ketika korban ingin melapor kejadian yang menimpanya, mereka masih harus mengeluarkan uang sendiri untuk melakukan visum dan yang lainnya sebagai bukti.

Pelecehan seksual bisa terjadi pada siapa saja dengan orang di sekitar kita, karenanya untuk melindungi orang yang dicintai, perlu dukungan segera disahkannya RUU PKS.

"Kita bisa mengawasi dan melindungi setiap orang yang kita cintai dengan RUU PKS ini, jadi mari isi petisi pengesahan RUU PKS," ujar komika 24 tahun itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gusti Bintang (@bintangemon)


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X