Ini Pelajaran Hidup yang Dipetik Ifan Seventeen Setelah Selamat dari Tsunami Banten

Kompas.com - 16/01/2021, 18:47 WIB
Ifan Seventeen dalam wawancara seusai menggelar pengajian untuk mendiang istrinya, Dylan Sahara, dan personel Seventeen lainnya di Kompleks DPR Rawajati, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (11/1/2019) malam,  yang meninggal akibat musibah tsunami Selat Sunda Kompas.com/Tri Susanto SetiawanIfan Seventeen dalam wawancara seusai menggelar pengajian untuk mendiang istrinya, Dylan Sahara, dan personel Seventeen lainnya di Kompleks DPR Rawajati, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (11/1/2019) malam, yang meninggal akibat musibah tsunami Selat Sunda

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis Ifan Seventeen mengungkapkan pelajaran hidup yang dipetik dari peristiwa tsunami Selat Sunda pada Desember 2018 lalu.

Sebagai informasi, Ifan merupakan salah satu korban tsunami Selat Sunda yang selamat setelah terombang-ambing air laut.

Baca juga: Ingin Nikahi Citra Monica, Ifan Seventeen Rayu Anaknya

Setelah selamat, Ifan mengaku tidak mengetahui ia selamat dan menjalani hidup untuk siapa. Sampai-sampai ia merelakan Tuhan untuk mencabut nyawanya.

"Ya maksudnya, karena memang waktu gue tenggelam ada proses juga, gue sudah sakratul maut, gue udahan di kerongkongan, gue sampai bisa mendengar detak jantung gue sendiri di dalam air," ungkap Ifam seperti dikutip Kompas.com dalam tayangan YouTube Melaney Ricardo, Sabtu (16/1/2021).

Baca juga: Jalin Hubungan dengan Citra Monica, Ifan Seventeen Sudah Dapat Izin Anaknya

Dalam peristiwa itu, Ifan kehilangan istrinya Dylan Sahara yang juga menjadi korban tsunami Selat Sunda pada 22 Desember 2018.

Pemilik nama lengkap Riefian Fajarsyah itu akhirnya bertemu dengan salah satu tokoh agama untuk meminta nasihat pascaperistiwa tersebut.

"Gue bilang, 'Ustaz, gue enggak tahu harus hidup dengan apa, gue harus hidup untuk apa'. Terus dia bilang, intinya gini, 'Pada saat lu enggak tahu harus hidup untuk apa, mungkin memang lu sekarang hidup bukan untuk diri lu sendiri, tapi untuk orang lain'," kata Ifan.

Baca juga: Ifan Seventeen Berusaha Jadi yang Terbaik untuk Calon Anak Sambungnya

Setelah Ifan beranggapan apa yang dinasihati tokoh agama tersebut, ia pun mendapatkan energi yang positif untuk menjalani hidup kembali.

Kini Ifan pun tengah menjalani hubungan asmara dengan seorang perempuan bernama Citra Monica.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X