Kompas.com - 15/01/2021, 09:36 WIB
Melaney Ricardo menjadi bintang tamu kanal YouTube Daniel Mananta Network YouTube Daniel Mananta NetworkMelaney Ricardo menjadi bintang tamu kanal YouTube Daniel Mananta Network

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian tak mengenakan menimpa ruang privasi presenter Melaney Ricardo yang mengalami peretasan akun WhatsApp.

Melaney menceritakan kejadian itu terjadi Rabu (13/1/2020) pukul 22.30. Saat itu ia baru pulang syuting dan dalam keadaan lelah.

Pesan dari nomor tidak dikenal

Melaney awalnya mendapat pesan WhatsApp dari nomor yang tak dikenalnya.

Baca juga: Pengalaman Diminta PIN Peretas WhatsApp, Melaney Ricardo: Jangan Cepat Ambil Keputusan

"Handphone tuh aku charge, enggak lama getar karena ada WhatsApp masuk, aku lihat. Pas aku cek ini nomor tidak dikenal," kata Melaney Ricardo dikutip dari kanal YouTube-nya, Kamis (14/1/2021).

Pengirim pesan itu ternyata berusaha meminta tolong.

"Dia bilang, 'mbak maaf banget aku pegawai dari salah satu minimarket lah'. Intinya dia bilang dia itu melakukan transaksi. Aku lupa kalimat aslinya, pokoknya dia bilang, 'aku salah memasukkan satu nomor dan ternyata pin itu masuknya ke nomor WhatsApp mbak," ungkap Melaney.

Baca juga: WhatsApp Melaney Ricardo Diretas Usai Kirim Foto Tangkapan Layar Pin

"'Mbak boleh cek itu ada nomor pinnya dengan kayak bahasa Thailand, itu ada di SMS mbak. Please banget mbak tolong tolong' dengan emoticon yang sembah-sembah itu," sambungnya.

Akun WhatsApp langsung tertutup

Oknum tersebut meminta Melaney untuk memfoto dengan tangkapan layar isi pin tadi.

"'Tolong banget cuma screen capture aja dan kirimin ke WhatsApp saya ini'. Aku cek fotonya perempuan menggunakan seragam yang terkait dengan (minimarket) yang tadi disebutkan," kata Melaney.

Baca juga: Akun WhatsApp Melaney Ricardo Diretas oleh Oknum yang Mengaku Sebagai Pegawai Minimarket

Karena kasihan, Melaney pun melakukan foto tangkapan layar berisi pin dan mengirimnya ke WhatsApp si oknum.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X