Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Karier dan Prestasi GOT7 Sebelum Memilih Tinggalkan JYP Entertainment

Kompas.com - 11/01/2021, 08:38 WIB
Rintan Puspita Sari,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Boyband yang dibentuk oleh JYP Entertainment, GOT7, dikabarkan memilih tinggalkan JYP setelah tujuh tahun.

Nasib ke depan boyband beranggotakan Mark, Jackson, Jinyoung, Youngjae, JB, BamBam, dan Yugyeom itu banyak dipertanyakan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut perjalanan karier dan prestasi yang pernah mereka peroleh.

Pertama ditemukan

Setiap anggota GOT7 didapatkan melalui audisi atau pencarian di beberapa tempat berbeda. Seperti Mark dan BamBam yang dicari oleh JYP di Los Angeles dan Bangkok serta Jackson lewat audisi di Hong Kong.

Baca juga: [POPULER HYPE] Melly Goeslaw Tegur Dr Tirta | Alasan BCL Tak Jadi Juri Indonesian Idol | Nasib GOT7 di JYPE

Mark, Jackson, BamBam, dan Yugyeom pernah muncul di acara Who is Next: WIN dan ditandingkan dengan trainee dari YG Entertainment yang kini dikenal sebagai iKON dan WINNER.

Sebelum GOT7 debut, duo JB dan Jinyoung lebih dulu debut dengan nama JJ Project tahun 2012.

Debut

JYP Entertainment mengumumkan debut pertama GOT7 pada 1 Januari 2014. Nama GOT7 berarti tujuh orang beruntung berkumpul.

Baca juga: GOT7 Dikabarkan Keluar dari JYP, Para Membernya Disebut Sudah Susun Rencana

20 Januari 2014 mereka merilis EP "Got It" yang langsung masuk peringkat pertama chart album Billboard dunia dan peringkat 2 di Gaon Album CHart.

Lagu "A" dari EP kedua GOT7 "Got Love" yang dirilis 23 Juni 2014. Tak lama, di bulan November 2014 langsung diikuti dengan album "Identify" yang juga sangat sukses.

Album tersebut langsung menduduki peringkat penjualan Gaon di minggu pertama dan ada di peringkat empat chart lagu digital dunia di Billboard.

Tampil berbeda

Awal muncul, GOT7 masih terus berubah dari image playful dan bersemangat, kemudian berubah menjadi pria dewasa dan menggemaskan. GOT7 menampulkan daya tarik yang luas.

Baca juga: Dispatch Kabarkan GOT7 Akan Hengkang, JYP Entertainment Buka Suara

Untungnya, saat itu Jackson aktif di berbagai acara ragam hiburan untuk mempromosikan nama GOT7. Ditambah trilogi "Flight Log" yang membuat mereka mencapai kesuksesan hingga seperti sekarang.

Rilis yang sering dilakukan berperan besar. Trilogi Flight Log (Departure, Turbulence, Arrival) menunjukkan pertumbuhan mereka. Mereka membedakan diri dengan menunjukkan bahwa setiap anggota berpartisipasi langsung dalam proses produksi dan juga menampilkan bakat, gaya, dan pertumbuhan musik masing-masing penyanyi, memukau ratusan ribu orang dengan penampilan unik mereka.

Album "Present: You" hingga "Breath of Love: Last Piece".

Baca juga: Yugyeom Dikabarkan Akan Tinggalkan JYP Entertainment, Bagaimana Nasib GOT7?

Tahun 2018, GOT7 merilis album "Present: You" dengan singel "Lullaby" yang menempati puncak chart real time di Korea Selatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com