Kompas.com - 06/01/2021, 11:15 WIB
KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Marshanda saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (15/12/2017). (KOMPAS.com/Andi Muttya Keteng) KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISIKOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Marshanda saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (15/12/2017). (KOMPAS.com/Andi Muttya Keteng)

JAKARTA, KOMPAS.com - Gangguan kesehatan mental atau kejiwaan bukan lagi menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan.

Kini, banyak orang yang lebih terbuka soal masalah kesehatan mental, termasuk para artis Tanah Air.

Gangguan mental bisa dialami siapa saja. Jika disepelekan akan memengaruhi suasana hati juga akan menghambat saat berkegiatan dengan orang lain.

Gejala gangguan mental itu dirasakan oleh Ariel Tatum sehingga membuatnya sulit membangun hubungan dengan seseorang dan pernah mencoba untuk mengakhiri hidupnya.

Selain Ariel Tatum, berikut ada 5 pesohor Tanah Air yang membagikan pengalaman mengenai gangguan mental yang pernah mereka diidap.

1. Marshanda

Marshanda pernah meluapkan emosi kesedihan dan kemarahan dalam rekaman video yang publikasikan lewat media sosial pada 2009.

Saat itu, aktris yang karib disapa Chaca ini sedang depresi, halusinasi, hingga tidak bisa tidur.

Oleh karenanya, Marshanda didiagnosis mengidap salah satu jenis gangguan mental, yakni bipolar.

Baca juga: Pamer Foto Berbikini dengan Stretch Mark, Marshanda Tuai Pujian

Menerima kenyataan tersebut, Marshanda memilih bergaul dengan orang-orang yang mendukungnya dan mengerti kondisinya.

Marshanda juga kerap belajar banyak mengenai bipolar dan menemui dokter yang ahli dibidangnya untuk mengatasi gangguan mentalnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X