Kompas.com - 31/12/2020, 13:55 WIB
I Wayan Balawan menceritakan konsep permainan gitarnya terinspirasi dari mendiang Eddie Van Halen. Gitaris asal Bali ini kemudian memodifikasi gaya tapping Eddie Van Halen dengan menggunakan delapan jari. YouTube Helmy Yahya BicaraI Wayan Balawan menceritakan konsep permainan gitarnya terinspirasi dari mendiang Eddie Van Halen. Gitaris asal Bali ini kemudian memodifikasi gaya tapping Eddie Van Halen dengan menggunakan delapan jari.

JAKARTA, KOMPAS.com - I Wayan Balawan atau lebih dikenal dengan Balawan memiliki gaya permainan gitar khas yang berbeda dari gitaris lainnya.

Gitaris asal Bali ini menggunakan teknik 8 fingers tapping yang diakuinya terinspirasi dari Eddie Van Halen.

Baca juga: Walau Galau, Balawan Tak Lelah Promosikan Indonesia

"Dari meniru Eddie Van Halen, saya kembangkan lagi sendiri, akhirnya tahu tentang Stanley Jordan," kata Balawan dikutip dari video Helmy Yahya Bicara, Kamis (31/12/2020).

Permainan gitar Balawan bahkan bisa dikatakan sangat berbeda dengan Eddie Van Halen.

Baca juga: Balawan: Musisi Indonesian Kini Cenderung Google Training dan Youtube Training

Balawan mengetukkan delapan jarinya di fret gitar sehingga nada yang keluar pun berbeda dari gaya permainan Eddie Van Halen.

"Kalau dia lebih di-pull off, lebih ditowel-towel. Kalau saya independen, tapping itu dari mulai kelingking," ucapnya.

Baca juga: Balawan Ingin Main Film tentang Leak

Perbedaan lain yang mencolok adalah Balawan menggunakan gitar tipe double neck sehingga tingkat kesulitannya menjadi lebih kompleks.

Berkat kemampuannya ini, Balawan sering mendapat kesempatan bertemu dengan gitaris-gitaris hebat dunia termasuk Stanley Jordan.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X