Parodikan Lagu Indonesia Raya, Lutfi Agizal Lapor Polisi dan Komentar Anang Hermansyah

Kompas.com - 29/12/2020, 09:24 WIB
YouTuber Lutfi Agizal. YouTube Deddy Corbuzier.YouTuber Lutfi Agizal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di YouTube sebuah video parodi lagu " Indonesia Raya" dengan liriknya diganti dengan kata yang dianggap tidak sopan.

Video itu tidak saja memuat lagu kebangsaan Indonesia yang telah diubah total liriknya, tetapi juga mengganti lambang negara burung Garuda dengan ayam jago berlambang Pancasila, dilatarbelakangi bendera Merah Putih.

Video yang diunggah oleh akun dengan logo bendera Malaysia itu diketahui telah beredar sejak dua minggu lalu.

Namun, berdasarkan penelusuran Kompas.com, video yang dimaksud sudah tidak ditemukan di kanal YouTube My Asean pada Senin (28/12/2020).

Baca juga: Diduga di Malaysia, Apakah Indonesia Bisa Menghukum Pembuat Parodi Lagu Indonesia Raya?

Permasalahan ini mendapat respons dari selebritas Lutfi Agizal dan Anang Hermansyah yang sama-sama tidak menerima parodi lagu tersebut.

Laporkan polisi

Lutfi melaporkan akun YouTube My Asean yang memparodikan lagu " Indonesia Raya" ciptaan Wage Rudolf Soepratman ke Polda Metro Jaya.

Melalui unggahan Instagram, Lutfi melaporkannya dengan sangkaan dugaan pencemaran nama baik melalui Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Pria yang dikenal dengan Lutfi 'Anjay' itu menilai parodi lagu "Indonesia Raya" yang dilakukan kanal YouTube My Asean telah menghina Tanah Air.

Baca juga: Anang Hermansyah: Malaysia, Jangan Anggap Enteng Kasus Parodi Indonesia Raya

"Menggunakan hak lapor warga negara yang merasa tersakiti atas lagu 'Indonesia Raya' yang diparodikan," ujar Lutfi Agizal dalam unggahan Instagram-nya, dikutip Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X