Kompas.com - 28/12/2020, 21:20 WIB
Personel NTRL  Eno Gitara (kiri), Bagus Danardana (tengah), dan Christopher Bollemeyer (kanan) berpose di sela-sela promo album terbaru NTRL di kanrot redaksi Kompas.com, Jakarta, (Senin (28/5/2018). NTRL merilis album terbaru berjudul XXV yang berisi tujuh lagu baru dengan musik modern yang menghimpun eksplorasi riff anyar NTRL dalam kurun tiga tahun terakhir. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOPersonel NTRL Eno Gitara (kiri), Bagus Danardana (tengah), dan Christopher Bollemeyer (kanan) berpose di sela-sela promo album terbaru NTRL di kanrot redaksi Kompas.com, Jakarta, (Senin (28/5/2018). NTRL merilis album terbaru berjudul XXV yang berisi tujuh lagu baru dengan musik modern yang menghimpun eksplorasi riff anyar NTRL dalam kurun tiga tahun terakhir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup band NTRL baru saja merayakan ulang tahun mereka yang ke-28.

Sang drummer Eno Gitara memberikan bocoran penyebab bandnya bisa bertahan lama hingga melewati usia seperempat abad.

"Kita ulang tahun tuh suka tiba-tiba udah tanggal 11 November, kadang yang ngasih selamat di grup kita tuh kru kadang-kadang," ucap Eno seperti dikutip Kompas.com dari video 3Podshow, Senin (28/12/2020).

Baca juga: 28 Tahun Bersama NTRL, Bagus: Rasanya Biasa Saja

"Tapi itu yang bikin awet menurut gue. Kalau band itu dipikirin, 'kita udah berapa tahun ya?' Itu yang bikin bubar. Udah jalan aja enggak usah dipikirin berapa tahun," sambungnya.

Formasi NTRL dengan Bagus sebagai vokalis sekaligus bassist, Coki pada gitar, dan Eno sebagai drummer terbilang minim konflik.

Usia yang semakin matang membuat persahabatan di antara ketiganya semakin solid.

Baca juga: 28 Tahun, Bagus Ciptakan Semua Lirik Lagu NTRL

"Enggak pernah ada perselisihan, kita cuma vakum beberapa bulan karena berjauhan," kata Bagus.

Kendati demikian, Eno mengaku NTRL sempat mengalami fase titik jenuh dalam latihan dan menciptakan lagu baru di sekitar tahun 2010.

Fase tersebut akhirnya berhasil dilewati oleh mereka dengan tidak memainkan alat musik sama sekali selama beberapa pekan.

Baca juga: Sempat Ganti Nama, Personel NTRL Bebaskan Orang Sebut Nama Band Mereka


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X