28 Tahun Bersama NTRL, Bagus: Rasanya Biasa Saja

Kompas.com - 28/12/2020, 20:49 WIB
Personel NTRL  Eno Gitara (kiri), Bagus Danardana (tengah), dan Christopher Bollemeyer (kanan) berpose di sela-sela promo album terbaru NTRL di kanrot redaksi Kompas.com, Jakarta, (Senin (28/5/2018). Grup band yang dulunya bernama Netral itu menyajikan 26 lagu yang terdiri dari 7 lagu baru, serta 19 lagu hit mereka yang diaransemen ulang. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOPersonel NTRL Eno Gitara (kiri), Bagus Danardana (tengah), dan Christopher Bollemeyer (kanan) berpose di sela-sela promo album terbaru NTRL di kanrot redaksi Kompas.com, Jakarta, (Senin (28/5/2018). Grup band yang dulunya bernama Netral itu menyajikan 26 lagu yang terdiri dari 7 lagu baru, serta 19 lagu hit mereka yang diaransemen ulang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Bagus Dhanar Dhana sudah 28 tahun berkarier sebagai vokalis sekaligus bassist dari grup band NTRL.

Dalam obrolan di 3PodShow, pembawa acara Soleh Solihun menanyakan bagaimana rasanya melewati seperempat abad bersama satu band.

"Apa rasanya 28 tahun memainkan musik seperti ini, Gus?" tanya Soleh Solihun seperti dikutip Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Baca juga: 28 Tahun, Bagus Ciptakan Semua Lirik Lagu NTRL

Bagus mengaku tak merasakan banyak hal berbeda sejak membentuk Netral bersama Bimo dan Miten.

"Apa rasanya ya? Enggak tahu gue. Biasa-biasa aja gue," jawab Bagus santai.

Sementara itu Eno dan Coki merupakan personel yang masuk dalam era berbeda.

Baca juga: Sempat Ganti Nama, Personel NTRL Bebaskan Orang Sebut Nama Band Mereka

Eno Gitara mulai menjadi penabuh drum NTRL sejak tahun 1999.

Coki atau Christopher Bollemeyer melengkapi pos gitaris yang kosong pada tahun 2003.

"Dua puluh delapan tahun bukan sekadar musik sih, kalau gue lebih ke bersamanya aja. Maksudnya, gue udah nyaman aja, udah kayak rumah kedua gue aja di sini," kata Eno menambahkan.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Terbang Tenggelam dari NTRL

Hal serupa juga dirasakan oleh Coki yang baru 17 tahun bersama NTRL.

Ia sangat menikmati kebebasan yang ditawarkan di dalam tubuh NTRL.

"Mau ngalor-ngidul, main sama formasi lain atau band project-an tetap balik laginya ke dia lagi," kata Coki.

NTRL sendiri terakhir kali merilis single berjudul "Bacot" yang merupakan hasil kolaborasi dengan rapper Tuan Tigabelas atau Upi.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X