Anang Hermansyah: Malaysia, Jangan Anggap Enteng Kasus Parodi "Indonesia Raya"

Kompas.com - 28/12/2020, 16:38 WIB
Anang Hermansyah mengaku senang karena bisa bersepeda mengelilingi pulau Gili Trawangan. YouTube The Hermansyah A6Anang Hermansyah mengaku senang karena bisa bersepeda mengelilingi pulau Gili Trawangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Anang Hermansyah meminta Malaysia tidak menganggap enteng kasus parodi lagu kebangsaan " Indonesia Raya" yang dilakukan kanal YouTube My Asean.

Menurut Anang, apabila Malaysia tidak segera menyelesaikan dan menemukan oknum di balik kanal YouTube tersebut, persahabatan kedua negara bisa rusak.

"Jangan dianggap enteng masalah ini dengan Malaysia, ini ketersinggungan," tegas Anang saat dihubungi wartawan, Senin (28/12/2020).

Baca juga: Lagu Indonesia Raya Diparodikan, Anang Hermansyah: Aku Enggak Terima!

Kendati demikian, mantan anggota DPR RI itu percaya bahwa masyarakat telah dewasa dalam menyikapi masalah ini.

Selain itu perjalanan persahabatan Indonesia-Malaysia sudah berlangsung lama, meskipun beberapa kali terjadi insiden-insiden yang menimbulkan masalah.

Namun, menurut Anang, selama ini permasalahan parodi lagu "Indonesia Raya" yang paling parah.

Baca juga: Polri Selidiki Parodi Lagu Indonesia Raya yang Viral

"Iya (paling parah), membawa simbol negara. Ini pasti mengusik warga negara Indonesia," kata Anang.

Suami penyanyi Ashanty itu mengatakan, ketidaksukaan warga negara Indonesia terhadap Malaysia mengenai permasalahan ini adalah suatu hal yang wajar.

"Terus terang, aku enggak terima, semua rakyat Indonesia enggak akan suka, enggak akan ada yang mau terima kenyataan itu, pasti tidak terima," ucap Anang.

Baca juga: Lagu Indonesia Raya Diparodikan, Lutfi Agizal Laporkan ke Polisi

Diketahui, beredar di YouTube sebuah video parodi lagu "Indonesia Raya" dengan lirik diganti kata yang dianggap tidak sopan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X