Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2020, 20:59 WIB
Firda Janati,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Fariz RM akan merilis vinyl atau piringan hitam untuk empat album lain miliknya, selain album Sakura.

Penyanyi berusia 61 tahun ini berterima kasih kepada manajemennya yang selalu menanggapi respon penggemar di dalam maupun di luar negeri terhadap karyanya.

Fariz RM mengatakan, album yang dirilis kembali dalam bentuk vinyl dan digital merupakan album yang paling banyak dicari penggemar di dalam maupun di luar negeri.

"Sehingga kami baru tahu bahwa di dunia ini banyak sekali (penggemar) dan inilah maksud saya yang menjadi dasar pilihan dalam memilih album mana dulu yang dirilis dalam bentuk vinyl," ujar Fariz RM, saat interview media secara virtual, Rabu (23/12/2020).

Baca juga: Tanda 40 Tahun Berkarya, Fariz RM Rilis Vinyl Sakura

Selain merilis kembali album Sakura, Fariz RM membocorkan, sebenarnya akan ada empat album lain yang akan dirilis kembali.

"Pertama ini limited edition 40 tahun album Sakura, kemudian nanti menjelang natal kami akan terbitkan Do Not Erase, kemudian akan diterbitkan Living in the Western World, di mana salah satu (lagu) hits 'Barcelona' ada di situ," jelasnya.

"Terus kemudian penerbitan Peristiwa 77-81, terakhir Fashionova, lima album pertama dulu untuk 2020-2021," sambung Fariz RM.

Fariz RM mengungkapkan, keempat album teranyar yang akan dirilis ulang dalam versi vinyl dan digital memiliki kualitas sama dengan vinyl album Sakura.

Baca juga: Fariz RM Sedang Restart Kehidupan

"Planning kita mengedarkan dalam bentuk vinyl dengan kondisi packing dan kemasan yang sama dengan Sakura, dengan quality yang juga masuk digital. Sesuai teknologi zaman sekarang," kata Fariz RM.

Sebagai tanda 40 tahun berkarya di industri musik Tanah Air, Fariz RM kembali merilis karya teranyarnya di bawah naungan Musica Studios.

Fariz RM merilis vinyl atau piringan hitam yang berjudul Sakura. Album Sakura sebenarnya sudah dirilis pada 1980.

Vinyl album Sakura karya Fariz RM dirilis pada 11 Desember 2020 dan bisa didapatkan melalui situs jual beli e-commerce.

Baca juga: Fariz RM Sebut Hak Cipta dan Royalti Masih Jadi Masalah Utama Industri Musik Indonesia

Tak hanya itu, album yang berisikan sembilan lagu tersebut juga bisa dinikmati di platform musik digital.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com