Kompas.com - 23/12/2020, 10:41 WIB
Rapper Marzuki Mohamad atau dikenal dengan nama panggung Kill The DJ YouTube Kompas.comRapper Marzuki Mohamad atau dikenal dengan nama panggung Kill The DJ

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendiri Jogja Hip Hop Foundation (JHF), Kill The DJ banyak belajar dari melihat hal-hal viral termasuk Gangnam Style.

Sukses dengan lagu-lagu seperti "Jogja Istimewa" dan "Kewer-Kewer", Kill The DJ merasa percaya diri ketika mendobrak hal-hal mainstream saat itu di industri musik.

Menghadirkan musik hip hop bahkan dengan bahasa Jawa, pria yang akrab disapa Juki itu mengatakan keberaniannya itu bukan tanpa bekal diri.

Baca juga: Pernah Tak Punya Uang, Kill The DJ Tidur di Teras Pak RT hingga Jaga Parkir

Banyak belajar, baik dari buku, atau peka terhadap lingkungan, termasuk membaca hal-hal viral yang terjadi, dari "Om Telolet Om" hingga "Gangnam Style".

"Saya mempelajari itu dan pengin mengantisipasinya bagaimana, bikin sesuatu yang viral tapi bertahan sangat lama," ujar Kill The DJ, dalam konten Beginu, Kompas.com, Rabu (23/12/2020).

"Aku mempelajari bagaimana strategi di balik layar Gangnam Style gitu lho. Aku cari, aku baca, terus aku gabungkan dengan konteks Indonesia," imbuh pria bernama asli Marzuki Mohammad tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kill The DJ Bicara soal Jogja Hip Hop Foundation dan Keberanian Jadi Beda

Hasilnya, lagu miliknya seperti "Kewer-Kewer" bahkan masih ramai ditonton di YouTube setelah empat tahun lalu dirilis.

"Itu memang benar-benar saya susun strateginya, aktivasinya, dan saya siapkan semuanya," kata Kill The DJ.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.