Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dynamite, Lagu Pertama BTS yang Dapat Sertifikasi Emas di Jepang

Kompas.com - 21/12/2020, 09:20 WIB
Baharudin Al Farisi,
Kistyarini

Tim Redaksi

Sumber Soompi

KOMPAS.com - Asosiasi Industri Rekaman Jepang (RIAJ) secara resmi memberikan sertifikasi emas untuk single "Dynamite" dari BTS dalam kategori unduhan.

Meskipun BTS sebelumnya telah menerima sertifikasi emas dari RIAJ untuk album fisik dan streaming secara online, prestasi terbaru ini sebagai tanda pertama kalinya salah satu lagu mereka menerima sertifikasi emas untuk unduhan.

Menurut ambang sertifikasi emas RIAJ, lagu yang dapat menerima penghargaan itu setelah mencapai 100.000 unduhan dan platinum pada 250.000.

Baca juga: Lagu Dynamite BTS Ukir Sejarah di Billboard Hot 100

Untuk diketahui, single "Dynamite" ini sebelumnya telah mengantarkan BTS untuk meraih pencapaian-pencapaian baru lainnya.

Prestasi tersebut seperti masuknya nama BTS ke dalam dua nominasi Grammy Awards 2021 yang salah satu kategorinya Best Pop Duo/Group Performance dengan lagu "Dynamite".

Pesaing BTS di kategori itu adalah J Balvin, Dua Lipa, Bad Bunny, dan Tainy dengan lagu "Un Dia (One Day), Justin Bieber dengan "Intentions" (featuring Quavo), Lady Gaga dan Ariana Grande dengan "Rain On Me", dan Taylor Swift dengan "Exile" (featuring Bon Iver).

Baca juga: Permintaan Unik dari Ayah Yura Yunita Setelah Resepsi, Menari BTS Dynamite

"Dynamite" merupakan single berbahasa Inggris pertama BTS. Lagu tersebut berhasil menduduki puncak Billboard Hot 100, peringkat lagu terpopuler AS, selama 2 minggu berturut-turut.

"Dynamite" juga merebut kembali peringkat pertama di chart Digital Song Sales setelah turun ke nomor tiga pada minggu lalu.

Lagu ini mengambil peringkat nomor empat di chart Global 200 dan nomor tiga di grafik Global di luar AS.

Baca juga: Lagu Dynamite BTS Rebut Kembali Peringkat 1 Billboard Hot 100

BTS juga berada di peringkat empat dalam chart Artist 100 dan tetap berada di puncak dalam chart Social 50, memperpanjang rekor mereka untuk mayoritas pekan tak berturut-turut di puncak chart menjadi 204.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Soompi
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com