Kompas.com - 18/12/2020, 19:28 WIB
Penyanyi Andien Aisyah saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISIPenyanyi Andien Aisyah saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Andien Aisyah sudah mengawali kariernya di industri musik sejak usia 14 tahun.

Tanpa terasa, perempuan yang kini berumur 35 tahun tersebut masih menggeluti hobinya menjadi seorang penyanyi.

Dalam video "Ngobrol Sore Semaunya CXO Media", Andien Aisyah mengungkapkan perbedaan mencolok yang dirasakan dari industri musik Indonesia di zaman dulu dan sekarang.

Hal pertama yang paling ia rasakan adalah pudarnya senioritas para penyanyi lama terhadap pendatang baru.

Baca juga: Andien Aisyah Mengaku Dibully Penyanyi Senior Saat Masih Berusia 14 Tahun

Padahal di zaman dulu, Andien Aisyah sendiri merasakan bagaimana mentalnya ditempa karena dirundung atau di-bully penyanyi senior.

"Kalau sekarang semangatnya berbeda, sekarang semangatnya berkolaborasi. Jadi antara yang sudah lebih duluan nyanyi sama yang sekarang baru-baru justru semuanya kolaboratif banget," ucap Andien seperti dikutip Kompas.com, Jumat (18/12/2020).

Selama hampir 20 tahun berkarier di industri musik, Andien Aisyah juga merasakan bagaimana dunia musik berkembang.

"Aku tuh rekaman masih pakai pita dulu, kalau suara kan sekarang bisa digambar, jadi enggak bisa kalau dulu as it tastes," ucapnya.

Baca juga: Ketika Marcello Tahitoe hingga Andien Bawakan Lagu-Lagu Glenn Fredly di Wave of Cinema

Selain itu hal lain yang dirasakan pemilik album Metamorfosa ini adalah bentuk karya yang tadinya berupa kaset terus berevolusi hingga memasuki era digital.

Kendati demikian, Andien Aisyah mengaku bersyukur karena perjalanan kariernya di dunia musik diwarnai dengan berbagai perubahan seiring perkembangan zaman dan teknologi.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X