Kompas.com - 18/12/2020, 18:51 WIB
Andien menjadi tamu segmen Luna Jalan-jalan di kanal YouTube Luna Maya. YouTube/Luna MayaAndien menjadi tamu segmen Luna Jalan-jalan di kanal YouTube Luna Maya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Andien Aisyah mengaku pernah mengalami perundungan atau bullying dari salah satu penyanyi senior saat masih berusia 14 tahun.

Mengawali karier sejak usia dini, Andien Aisyah kerap dianggap beruntung karena sukses menembus industri berkat bantuan orangtuanya.

"Aku kayak banyak nerima, apa ya, bully-an dari senior-senior yang dibilang kayak, 'alah, lo kan enggak bisa nyanyi!', gitu-gitu," kata Andien seperti dikutip Kompas.com dari video CXO Media, Jumat (18/12/2020).

Kepada Putri Tandjung, Andien Aisyah mengatakan, senioritas di industri musik saat itu masih terasa sangat kental.

Baca juga: Ketika Marcello Tahitoe hingga Andien Bawakan Lagu-Lagu Glenn Fredly di Wave of Cinema

Ibu dua anak ini bahkan merasakan perundungan itu di depan mukanya sendiri saat tampil di sebuah acara televisi swasta.

"Pas commercial break aku sudah on stage terus di-bully dari belakang. Aku dikatain, 'ah, lo enggak bisa nyanyi tahu enggak lo?! Lo tuh cuma modal duit doang!', pokoknya digituin," kenang Andien.

Pelantun lagu "Indahnya Dunia" ini hanya bisa menangis karena saat itu usianya pun masih 14 tahun.

Andien Aisyah akhirnya mulai bangkit dari keterpurukannya setelah sang guru menjelaskan bahwa persaingan di industri musik Indonesia sangat kejam.

Baca juga: Berbahasa Jawa, Ini Lirik dan Chord Kuat Ati - TTM Akustik feat Andien

Hal-hal seperti yang dialami Andien dianggap oleh sang mentor sebagai hal wajar yang biasa ditemukan di belantika musik Tanah Air.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X