Joko Anwar Galang Dana untuk Bantu Perempuan Korban Kekerasan

Kompas.com - 17/12/2020, 21:53 WIB
Joko Anwar saat ditemui dalam acara peluncuran Samsung Galaxy S20 di Ballroom Ritz Calton, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (4/3/2020). KOMPAS.com/IRA GITAJoko Anwar saat ditemui dalam acara peluncuran Samsung Galaxy S20 di Ballroom Ritz Calton, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (4/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Prihatin dengan perempuan korban kekerasan, sutradara Joko Anwar menggalang dana di platform urun dana Kitabisa.com.

Dalam pengantarnya, sutradara film Perempuan Tanah Jahanam ini mengungkap angka kekerasan terhadap perempuan yang terus naik.

Joko Anwar mencantumkan data infografis dari Komnas Perempuan yang menyebut perempuan korban kekerasan meningkat 792 persen selama 12 tahun belakangan.

"Bagi saya, ribuan jumlah kekerasan terhadap perempuan bukan hanya sekadar angka. Dalam setiap angka tersebut, ada perempuan yang berjuang untuk pulih, berupaya untuk bangkit," tulis Joko Anwar dikutip Kompas.com melalui situs Kitabisa.com, Kamis (17/12/2020).

"Saya tak mau para korban kekerasan berjuang sendirian," tulis Joko Anwar lagi.

Baca juga: Karyanya Dominasi Daftar Nominasi FFI 2020, Joko Anwar: Ini Sangat Puncak

Oleh karenanya, Joko Anwar menggalang bantuan untuk membantu perempuan korban kekerasan bangkit.

Joko Anwar kemudian menjelaskan, bantuan yang nantinya ingin diperoleh dari urun dana ini akan digunakan di banyak aspek.

"Hasil donasi pada gerakan ini dapat digunakan untuk membantu pemulihan, advokasi, dan biaya hidup korban kekerasan yang membutuhkan bantuan," tulis Joko Anwar.

Tangkapan layar donasi yang digalang Joko Anwar untuk perempuan korban kekerasan di laman Kitabisa.comKitabisa.com Tangkapan layar donasi yang digalang Joko Anwar untuk perempuan korban kekerasan di laman Kitabisa.com

Selain bagi perempuan korban kekerasan, hasil donasi ini juga akan diberikan sebagian bagi mereka yang membutuhkan, baik yang terkena kekerasan fisik ataupun mental.

"Hasil donasi tidak hanya untuk individu, melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk komunitas/organisasi perempuan yang membutuhkan bantuan biaya operasional untuk pendampingan korban," ucap Joko Anwar.

Baca juga: Film Joko Anwar, Kimo Stamboel, dan Timo Tjahjanto Ramaikan Sitges Film Festival

Sebagai informasi, tidak hanya lewat aksi nyata, Joko Anwar juga kerap menampilkan keberpihakan pada perempuan lewat film-film yang digarapnya.

Perempuan Tanah Jahanam, misalnya. Film tersebut dikabarkan sarat menampilkan perlawanan perempuan akan sistem sosial yang menekan mereka.

Berikut link laman penggalangan dana Joko Anwar, https://kitabisa.com/campaign/jokoanwarkawanpuan.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X