Sunmi Akui Pernah Idap Gangguan Mental Borderline Personality Disorder

Kompas.com - 17/12/2020, 20:05 WIB
Sunmi, mantan member girlband Wonder Girls. SoompiSunmi, mantan member girlband Wonder Girls.

KOMPAS.com - Penyangi asal Korea Selatan, Sunmi, mengungkap pengakuan mengejutkan di acara Running Girls yang tayang ada 16 Desember 2020 kemarin.

Awalnya, Sunmi bersama dengan bintang Running Girls yang lainnya, Hani EXID, YooA Oh My Girls, Chungha, dan Chuu LOONA saling mengungkapkan tentang kepribadian mereka.

Debut sejak tahun 2017 bersama Wonder Girls, Sunmi memberi saran kepada junior-juniornya untuk mengambil cuti saat mengalami kesulitan.

"Penting untuk mengambil cuti di saat mengalami kesulitan. Aku melakukan itu ketika masih bersama Wonder Girls. Saat itu, kondisi mentalku lebih buruk dibandingkan dengan fisikku," kata Sunmi, dilansir dari Soompi, Kamis (17/12/202).

Pelantun lagu "Gashina" ini lalu memberikan pengakuan mengejutkan tentang kisah yang dialaminya lima tahun lalu.

Baca juga: Profil Sunmi, Solois Kenamaan Korea Selatan Pelantun Gashina

"Sekitar lima tahun yang lalu, aku didiagnosis dengan gangguan kepribadian ambang (Bordeline Personality Disorder). Itulah yang sangat menyiksaku," ujar Sunmi.

Selain mempengaruhinya, Sunmi mengatakan kondisi gangguan itu juga berdampak kepada orang-orang disekitarnya.

" Gangguan kepribadian ambang sering kali berat bagi orang-orang di sekitar. Aku ingin orang-orang di sekitarku bahagia dan tidak terluka karena aku," ujarnya.

Debut di usia 15 tahun menjadi awal mula kondisi gangguan kesehatan mental yang dialami Sunmi.

"Aku pikir penting untuk merefleksikan diri sendiri, mempelajari apa yang sukai dan apa yang kuasai untuk belajar bagaimana menangani perasaan," kata Sunmi.

Baca juga: Pajang Foto Park Jin Young, Sunmi Bercanda Kehilangan Followers

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Soompi
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X