Kompas.com - 17/12/2020, 16:19 WIB
Penyanyi Rossa dalam konferensi pers virtual Catatan Musik Rossa 2020, Kamis (17/12/2020). Melvina TionardusPenyanyi Rossa dalam konferensi pers virtual Catatan Musik Rossa 2020, Kamis (17/12/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Rossa mengaku tak menganggap musik menjadi ajang kompetisi meski dirinya sudah sarat pengalaman di belantika hiburan Indonesia.

Kata Rossa, ia selalu bahagia ketika melihat banyak penyanyi yang masuk dalam nominasi di berbagai ajang penghargaan.

"Meskipun mungkin aku saat itu tidak dinominasikan, tapi aku kayak senang aja lihat industri musik Indonesia tuh enggak pernah berhenti untuk berkarya," kata Rossa dalam konferensi pers virtual Catatan Musik Rossa 2020, Kamis (17/12/2020).

Menurut juri Indonesian Idol ini, para musisi Indonesia juga saling mendukung satu sama lain sehingga menimbulkan simbiosis mutualisme.

Baca juga: Rossa Ungkap Makna Dibalik Lagu Masih, Ada Cerita soal Mantan Kekasih

Bahkan, Rossa mengaku, sering belajar dari anak-anak muda yang menjadi kontestan Indonesian Idol.

"Aku justru belajar dari banyak lho. Belajar dari, aku lihat anak-anak Idol misalnya kayak Brisia Jodie, Marion Jola, yang sekarang Lyly (Lyodra), Tiara, Ziva. Aku melihat mereka tuh, 'wah keren banget," ungkap Rossa.

"Pas nyanyi sama mereka juga kayaknya seru aja gitu. Aku bisa mengambil (pelajaran), 'Oh mereka tuh cara nyanyinya gini, ah cobain ah', 'Ah gini ah'," lanjutnya.

Jika diminta menyebutkan tips agar tetap bisa berprestasi dalam berkarya, penyanyi asal Sumedang, Jawa Barat ini menuturkan justru bingung.

Baca juga: Cerita Rossa Dapat Surprise Juri Indonesian Idol Saat Ulang Tahun

"Mungkin kayak apa ya, sedikit banyak mereka itu, baik penyanyi yang baru ataupun yang lama memberikan influence yang baik aja buat aku," tutur Rossa.

Ia pun mengatakan, masih terus belajar untuk memperkaya ilmu dan pengalaman yang sudah dimiliki selama ini.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X