Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Covid-19, Mondo Gascaro Sebut 2020 Tahun Spesial

Kompas.com - 16/12/2020, 18:21 WIB
Firda Janati,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Ramondo Gascaro atau lebih dikenal Mondo Gascaro menyebut 2020 merupakan tahun yang spesial.

Meskipun ikut terdampak pandemi Covid-19 karena pekerjaanya sebagai pegiat seni, Mondo tetap berkarya dengan mengambil kesempatan yang ada.

"Tahun ini memang tahun yang spesial juga karena di tengah keterbatasan justru banyak kesempatan baru yang bisa dimanfaatin dan explore lebih lanjut," ujar Mondo Gascaro, saat konferensi pers virtual, Rabu (16/12/2020).

Sebagai musisi, Mondo Gascaro juga merasakan dampak pandemi Covid-19 dalam pekerjaannya.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu April - Mondo Gascaro

"Banyak sih, sebenenarnya kayak termasuk WFH juga, terus misalnya virtual performance di tahun sebelumnya enggak bisa," kata Mondo.

"Akhirnya di tahun 2020 ada acara yang dilakukan secara virtual dengan keterbatasan dan waktu yang mepet untuk performance," sambungnya.

Banyak pengalaman baru dirasakan oleh Mondo, seperti saat berkolaborasi untuk membuat proyek baru secara virtual.

"Sekarang harus jarak jauh. Cara-cara ini jadi ngebuka mata ternyata bisa kolaborasi tanpa harus ketemu," paparnya.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Naked - Mondo Gascaro

Karena aktivitas sosial terhambat, Mondo menuturkan dia memanfaatkan media sosial sebagai tempat berinteraksi dengan para penggemar.

"Aktivitas sosial yang real, yang benar-benar terhambat. Tapi punya sosial media, tetap bisa bersosialisasi apapun yang kita lakukan," ujarnya.

Mondo tetap mementingkan sebuah karya bagi seorang musisi. Dia berujar, banyak musisi yang bisa tetap melahirkan karya baru di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Mondo Gascaro Sabet Piala Citra FFI 2019 sebagai Penata Musik Terbaik

"Sebenarnya karya, kita tetap bisa membuat sebuah karya karena itu sebenenarnya yang didengar sama pendengar kita, banyak musisi yang tetap menghasilkan karya," ujar Mondo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com