Enggan Disebut Pelopor Stand-up Comedy Indonesia, Pandji Pragiwaksono: Gue Cuma Nimbrung

Kompas.com - 11/12/2020, 18:42 WIB
Pandji Pragiwaksono menjelaskan makna pelawak kepada Miing Bagito Tangkapan layar YouTube Miing Bagito ChannelPandji Pragiwaksono menjelaskan makna pelawak kepada Miing Bagito

JAKARTA, KOMPAS.com – Pelawak Pandji Pragiwaksono dikenal sebagai pencetus dan salah satu pelopor Stand-Up Comedy Tanah Air.

Namun, bersama Miing Bagito, Pandji mengaku canggung jika disebut sebagai pelopor.

Bahkan, pria 41 tahun ini mengaku hanya ikut meramaikan saja Stand-up Comedy Indonesia.

“Bang, sebenarnya, gue agak canggung disebut (pelopor) gitu, gue mah cuma ikut-ikutan nimbrung aja,” kata Pandji dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Miing Bagito Channel, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Lulusan Seni Rupa tapi Bisa Melawak, Pandji Pragiwaksono Buka Suara soal Peran Kampusnya

"Gue agak canggung disebut pelopor, bahkan gue masih merasa canggung dengan lawakan gue, masih perlu belajar," tambahnya.

Bagi pemeran dalam film Di Balik 98 ini, ia tidak ingin disebut pelopor karena masih banyak pelawak lain yang lebih pantas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau kita omongin pelopor, pelawak tunggal ya khususnya enggak pakaj istilah stand up, itu masih ada Pepeng, Bing Slamet juga,” tutur Pandji.

Suami Gamila Mustika Burhan ini menyimpulkan, dirinya hanya pantas disebut sebagai orang yang mempopulerkan Stand-up.

Baca juga: Sukses Jadi Penulis hingga Aktor, Pandji Pragiwaksono Lebih Suka Disebut Pelawak, Kenapa?

“Memang yang pertama naruh video Stand-up di YouTube gue, tapi kalau bukan karena mas Indra Yudhistira, Ernest dan lain-lain, kita mungkin enggak kayak gini,” ucap Pandji.

Bintang film Comic 8: Casino Kings Part 1 ini juga berterima kasih kepada Miing, karena berkat Bagito, ia berani membawakan kritik sosial-politik ke dalam materi lawaknya.

“Dan kalau enggak ada Bagito gue enggak mungkin taruh materi sosial politik di Stand-up. Orang selalu bertanya kok lu berani? Gue bingung, padahal waktu nonton lawak Bagito, itu kan muatan yang biasa,” ujar Pandji.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.