Tidak Ada New York Hari Ini, Kumpulan Puisi Aan Mansyur Disulap jadi Film Pendek Animasi

Kompas.com - 10/12/2020, 18:26 WIB
Penyair Aan Mansyur (kanan) dalam jumpa pers virtual, Kamis (10/12/2020). KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI Penyair Aan Mansyur (kanan) dalam jumpa pers virtual, Kamis (10/12/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyair Aan Mansyur lagi-lagi terlibat dalam proyek film pendek animasi bertajuk Tidak Ada New York Hari Ini.

Judul film pendek animasi tersebut diambil dari kumpulan puisi Aan Mansyur yang dipersembahkan untuk film Ada Apa Dengan Cinta? 2.

"(Kumpulan puisi itu) saya tulis tahun 2015, yang jadi inspirasinya adalah saya berusaha semaksimal mungkin masuk ke dalam semesta Rangga dengan kenangan bersama Cinta 14 tahun lalu," kata Aan Mansyur dalam jumpa pers virtual, Kamis (10/12/2020).

Dalam kumpulan puisi Tidak Ada New York Hari Ini terdapat 31 puisi milik penyair asal Bone, Sulawesi Selatan itu.

Produser Mira Lesmana dan Riri Reza menyeleksi menjadi 21 puisi yang dianggap benar-benar mewakili perasaan rindu Rangga (Nicholas Saputra) terhadap Cinta (Dian Sastrowardoyo).

"Yang pastinya memilih setengah mati. Tetapi, kita membayangkan durasi (film pendek). Saya dan Riri sama-sama memilih 21 puisi, selebihnya kita berikan kepada seniman," kata Mira Lesmana.

Baca juga: Dengar Suara Nicholas Saputra, Aan Mansyur Tak Percaya Diri Baca Puisi Karya Sendiri

Ada empat animator yang terlibat dalam proyek ini, yakni Rhesa, Lala Bohang, Pinot, dan Wulang Sunu.

Dari 21 puisi Aan Mansyur tersebut, empat animator tersebut masing-masing memilih satu karya sang pujangga.

Pinot memilih "Tidak Ada New York Hari Ini", Lala Bohang "Aku Tidak Betul-Betul Pulang", Rhesa "Memandang Dunia dari Jendela Kafe", dan Wulang Sunu "Pukul 4 Pagi".

Selain keempat ilustrator tersebut, Mira Lesmana dan Riri Reza juga kembali mengajak Nicholas Saputra sebagai narator atau orang yang membacakan keempat puisi Aan Mansyur.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X