Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Balik Cerita 12 Tahun Element Band Vakum dan Kembali Reuni

Kompas.com - 07/12/2020, 09:20 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tak mengenal Element? Element adalah grup band bergenre pop rock yang berdiri tanggal 14 Februari 1999.

Awal mula terbentuk grup ini dari persahabatan 3 orang, yaitu Ronny Setiawan, Lucky Widja, dan Didi Riyadi. Ketiga personel ini merupakan model Majalah Aneka.

Dengan tujuh anggota anggota grup yang terdiri dari Ferdy Taher, Lucky Widja (vokalis), Didi Riyadi (drum), Fajar Maringka (keyboard), Ricky 'Rocker Kasurunk (bass), serta Arya Prasetyo dan Irwan Adhitya P (gitar).

Baca juga: Didi Riyadi Cerita Awal Mula Element Reuni, Gara-gara Ferdy Salah Transfer Uang

Ada pula Ronny Setiawan dan Gibran Aziz yang merupakan mantan anggota Element.

Grup band ini melakukan debut di bawah naungan Universal Music Indonesia dan merilis album perdana bertajuk Hanyalah Cinta yang kala itu mengandalkan lagu berjudul "Hanyalah Cinta" sebagai singel pertama dan lagu "Galau" sebagai singel kedua.

Awal keseriusan band ini diragukan karena personelnya memiliki kegiatan lain di bidang modelling dan seni peran. Namun, Element mulai diperhitungkan di dunia musik ketika sang drummer meraih penghargaan Anugerah Armand Zildjian Award sebagai New Comer Drummer tahun 2002.

Nama band ini pun semakin populer dan mendapat respons yang baik dari para penikmat musik. Pada tahun-tahun berikutnya Element aktif merilis album dan kini menjadi salah satu band legendaris di Indonesia.

Baca juga: Element Vakum 12 Tahun, Didi Riyadi Jelaskan Penyebabnya

Namun pada 2012 hingga 2013, Element sempat diisukan bubar lantaran kembali kehilangan personelnya, Adhitya Pratama, lantaran sibuk dengan project lainnya.

Bagaimana kelanjutan band Element?

Didi Riyadi, drummer band Element memastikan band-nya itu tidak bubar, melainkan vakum. Didi berujar, Element sempat vakum selama 12 tahun.

Alasan vakum saat itu lantaran Element dihantam kepopuleran lagu-lagu bergenre pop melayu. Bahkan, masa terberat dari Element saat diminta membuat musik pop melayu.

Padahal grup band ini genre-nya pop rock. Akhirnya, hal itu sulit Element penuhi hingga akhirnya mereka memutuskan untuk vakum sejenak.

Baca juga: Profil Didi Riyadi, Drummer Band Element hingga Jadi Bintang Sinetron

"Waktu itu dipukul gila, enggak bisa ditawar, ya sudah mentok, nanti aja dan enggak tahu kapan tuh (akan aktif kembali band-nya)," ucap Didi Riyadi seperti dikutip dalam akun YouTube The Leonardo's, Minggu (5/12/2020).

Memutuskan untuk reuni setelah vakum

Usai lama vakum, grup band Element akhirnya membuat reuni pada tahun 2017 lalu. Element saat itu memutuskan untuk kembali menunjukkan eksistensinya di musik Tanah Air.

Namun, Ibank sang basist tiba-tiba memutuskan untuk keluar beberapa jam sebelum singel terbaru mereka dirilis.

Alhasil, mereka harus menunda peluncuran singel terbaru. Ketika itu juga Didi menyatakan bahwa Ibank tak lagi jadi bagian Element.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com