Mata Berkaca-kaca, Soimah Cerita Impian Sederhana Setelah Pensiun

Kompas.com - 01/12/2020, 13:32 WIB
Penyanyi dan pembawa acara Soimah saat berbincang-bincang dengan Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho dalam program BEGINU. YouTube Kompas.comPenyanyi dan pembawa acara Soimah saat berbincang-bincang dengan Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho dalam program BEGINU.

JAKARTA, KOMPAS.com - Soimah berkaca-kaca ketika menceritakan mimpinya untuk bisa berkumpul dengan anak-anaknya setelah pensiun.

Apalagi, Soimah sudah meninggalkan anaknya sejak usia tiga tahun. 

Awalnya, Soimah merencanakan pensiun tahun 2020 tepat di usianya yang sudah menginjak kepala empat. Dengan harapan dia bisa berkumpul dengan anak-anaknya lagi.

Perasaan sedih diakui wanita kelahiran tahun 1980 itu ketika rencananya gagal, tapi dia meyakini apa yang diberikan Tuhan saat ini juga amanah untuk banyak orang di dekatnya atau orang lain. 

Baca juga: Awal Berkarier di Jakarta, Soimah Dipandang Sebelah Mata Artis Lain

"Saya merasa ragaku ini hidupku ini mereka masih membutuhkan, makanya aku masih dikasih jalan lah dikasih rezeki sama Tuhan untuk itu (bekerja). Saya percaya bahwa ini adalah amanah dari Tuhan," ujar Soimah dikutip dari konten Beginu#3 Kompas.com, Selasa (01/12/2020).

Meskipun mencoba tegar menerima kenyataan saat ini, suara Soimah mulai bergetar dengan matan berkaca-kaca ketika menceritakan tentang anaknya yang harus ditinggalkan karena bekerja di Jakarta.

"Capek, kadang-kadang capek ya, aku yo enggak munafik ya, kadang-kadang pengin di rumah sama anak-anak, cuma...," ucapnya sempat terhenti seakan menahan tangis.

"Ya harus sadar, memang masih banyak yang membutuhkan aku di keluarga besarku, di orang-orang sekeliling. Karena orang di luar sana mikir aku punya gunung duit to," jelasnya. 

Baca juga: Alasan Soimah Lebih Berhati-hati di Jakarta Dibanding di Yogyakarta

Soimah sempat kembali bersemangat ketika membahas impiannya setelah pensiun, memiliki pendopo sebagai wadah bagi teman-teman seniman yang kurang ruang untuk berproses, berlatih seni di Yogyakarta, sementara Soimah akan menikmatinya, melihatnya.

Namun, ia kembali terlihat sedih dan menghapus air mata ketika lagi-lagi menceritakan impian sederhananya jika nanti pensiun dan kemudian hidup sebagai ibu rumah tangga, menemani anak-anaknya.

"Yang paling terpenting adalah keinginan saya untuk kembali menjadi ibu rumah tangga, kembali untuk mendampingi anak-anak," ucapnya dengan suara bergetar.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X