Alasan Soimah Lebih Berhati-hati di Jakarta Dibanding di Yogyakarta

Kompas.com - 01/12/2020, 12:33 WIB
Penyanyi dan pembawa acara Soimah saat berbincang-bincang dengan Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho dalam program BEGINU. YouTube Kompas.comPenyanyi dan pembawa acara Soimah saat berbincang-bincang dengan Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho dalam program BEGINU.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi anak daerah yang kemudian bekerja di Ibu Kota, presenter dan penyanyi Soimah Pancawati mengaku lebih berhati-hati dalam bersikap.

Tidak seperti saat di Yogyakarta, di Jakarta Soimah lebih membatasi pergaulannya karena merasa takut.

"Di sini oke lah, aku memang nyari duit, bukan nyari masalah. Dan memang aku membatasi siapa aja temanku di sini untuk benar-benar berteman," kata Soimah dikutip dari konten Beginu#3, Kompas.com, Selasa (01/12/2020).

Namun, dalam hal pekerjaan, Soimah tidak pernah membatasi diri bekerja dengan siapapun.

Baca juga: Soimah Menangis di Atas Panggung, Berharap Hidupnya Semakin Bermanfaat

Hanya saja, untuk urusan masuk dalam perkumpulan atau berteman, Soimah masih merasa takut.

"Kan saya tahu banget dunia kayak gini sikut-sikutan segala macam. Di depan baik, di belakang gimana, kan aku paham," ucap wanita yang pernah belajar tari di padepokan Bagong Kussudiardja itu.

"Jadi daripada kayak basa-basi sama ini, ini, mending enggak usah. Mending di rumah," kata Soimah melanjutkan.

Soimah juga membatasi pergaulannya di Jakarta karena menghindari harus berkomentar tentang masalah atau gosip artis lain.

Pasalnya, Soimah mengatakan, tinggal di Jakarta apa saja bisa dijadikan bahan pemberitaan.

Soimah biasanya memilih diam daripada salah berbicara. Sedangkan, pendapatnya diberikan di belakang layar.

"Bukan berarti saya sempurna, saya baik, enggak. Tapi paling tidak, bisa mengurangi, menghindari itu (masalah)," kata Soimah.

Baca juga: Sukses di Jakarta, Soimah: Hidupku Hampir Enggak Punya Cita-cita


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X